Sukses

Hipertensi Pada Kehamilan

17 Jun 2017, 10:04 WIB
Wanita, 21 tahun.

placenta kecil & air ketuban kering pada bulan april lalu saya melahirkan anak saya yg pertama di uk 38w tapi anak saya hanya bertahan hidup 3 hari saja . saat lahir ternyata air ketubannya sudah kering dan anak saya bblr berat nya hanya 1.9kg saja , ternyata menurut bidan yg menangani persalinan saya placenta saya kecil dan tali pusar tampak layu . waktu memasuki trimester 3 TD saya selalu tinggi padahal saya tidak mempunyai riwayat hipertensi mlah saya dulu sering darah rendah . Sebenarnya apa penyebab hal itu terjadi ? apakah karena faktor placenta tersebut bb saya rendah & air ketuban kering menyebabkan bayi saya gagal nafas ? terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar hipertensi dalam kehamilan Anda melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang diberikan, Anda sepertinya mengalami kondisi yang bernama Preeklamsia. Preeklamsia ini ditandai dengan adanya tekanan darah tinggi yang dimulai saat kehamilan. Penyebab preeklampsia tidak diketahui secara pasti. Tetapi bayi yang kecil untuk masa kehamilan dapat disebabkan oleh keadaan ini karena terganggunya suplai nutrisi ke janin karena adanya gangguan aliran darah plasenta. Oleh karena itu biasanya tali pusat dan plasenta lebih kecil dari kehamilan normal. Pertumbuhan bayi bisa terhambat ("intra utrerine growth retardation") bahkan dapat menyebabkan kematian janin dlm kandungan ("intra utrine fetal death"). Pertumbuhan yang terhambat inilah yang mungkin menyebabkan gagal nafasnya pada bayi Anda.

Preeklampsia ini bs berulang pd kehamilan berikut terutama jika anda ada faktor resiko seperti riwayat darah tinggi, diabetes melitus (sakit gula), kegemukan, riwayat preeklampsia dalam keluarga,dll. Oleh karena itu, waspadai tanda-tanda preeklamsia, kalau Anda mengalami hipertensi saat kehamilan sebaiknya langsung periksakan ke dokter kandungan agar bisa ditangani dengan baik.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar hipertensi dalam kehamilan. Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar