Sukses

Bau Mulut dan Nyeri Lambung

17 Jun 2017, 02:03 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok mw tanya dong, aku kan punya penyakit pada daerah pernafasan hampir 5 tahun selalu terserang flu pada saat udara dingin atau terkena debu, sudha pernha periksa tapi kata dokternya alergi debu, trus ini ada hubungannya dengan bau daerah pernafasan dok baunya selalu ngak enak ngak pede dan daerah mulut berbau pada saat lmbung terasa nyeri solusi nya ap yah dok? Agar tdk bau mlutnya ngak berbau lagi?

Terima kasih telah bertanya tentang bau mulut dan nyeri lambung melalui fitur Tanya Dokter. 

Penyebab timbulnya bau mulut atau halitosis disebabkan oleh beberapa faktor baik yang berasal dari dalam tubuh (intrinsik) maupun yang berasal dari luar tubuh (ekstrinsik), yaitu:

  • Kebersihan mulut yang buruk, sehingga jumlah bakteri sangat banyak dalam mulut dan di permukaan lidah. Tanpa pembersihan mulut yang baik, sisa makanan akan tertinggal dalam mulut dan menjadi lingkungan yang cocok untuk bakteri berkembang biak yang akan menyebabkan bau pada mulut. Selain itu, sisa makanan yang menempel pada gigi, gusi, dan lidah akan menyebabkan gingivitis (radang gusi) dan gigi berlubang, sehingga akan meningkatkan bau mulut dan rasa yang tidak enak di dalam mulut.
  • Pembersihan gigi tiruan yang kurang baik .
    Gigi tiruan yang tidak dibersihkan dengan baik menyebabkan penumpukan sisa makanan dan bakteri pada permukaan gigi tiruan sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.
  • Penyakit gusi atau jaringan periodontal (jaringan penyangga gigi).
    Penyakit sistemik. Bau mulut dapat merupakan salah satu gejala dari penyakit tertentu, misalnya infeksi saluran pernapasan, gangguan pencernaan, diabetes, atau kelainan pada hati.
  • Xerostomia (mulut kering).
    Pemakaian beberapa obat-obatan tertentu dapat menyebabkan mulut menjadi kering, terutama obat-obatan untuk mengatasi depresi dan tekanan darah tinggi. Xerostomia juga dapat disebabkan oleh kelainan pada kelenjar ludah sehingga produksi ludah menurun. Selain itu, kebiasaan bernapas lewat mulut juga dapat menyebabkan mulut cenderung menjadi lebih kering.
  • Kebiasan merokok.
  • Konsumsi makanan tertentu.

Untuk memastikan bau mulut yang Anda alami diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi guna memastikan apakah penyebab dari dalam rongga mulut atau bukan dan apakah terkait gangguan pencernaan, jika saja bukan maka Anda dapat dirujuk oleh dokter gigi tersebut untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai bau mulut dan penyakit lambung. Semoga bermanfaat. Salam. 

 

0 Komentar

Belum ada komentar