Sukses

Pijat untuk Bayi

17 Jun 2017, 02:04 WIB
Wanita, 30 tahun.

apakah saat bayi batuk boleh pijat tradisional

Terima kasih telah bertanya tentang pijat bayi melalui fitur Tanya Dokter.

Pijat bayi dapat dilakukan segera setelah bayi lahir. Berdasarkan penelitian, bayi cukup bulan berusia 1-3 bulan yang dipijat selama 15 menit, 2x/minggu selama 6 minggu dapat mengalami kenaikan berat badan lebih tinggi daripada kelompok bayi yang tidak dipijat. Lakukanlah pemijatan bayi ini sendiri oleh diri anda, untuk mendapatkan perkembangan emosi yang lebih baik bagi bayi anda dan meningkatkan ikatan psikologis bagi anda dan bayi anda.

Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, pijat bayi ternyata diketahui mampu meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan berat badan bayi. Meningkatnya nafsu makan bayi terutama pada bayi yang mendapatkan ASI, secara tidak langsung akan meningkatkan produksi ASI ibu. Disamping itu, tindakan pijat bayi ini pun akan memberikan manfaat psikologis bagi bayi karena mampu mempererat tali kasih sayang antara orang tua dan anak.

Tidak masalah jika anda tidak melakukan pijat bayi, karena hal tersebut tidak akan berefek buruk bagi bayi anda. Namun, jika anda memiliki waktu luang bersama bayi anda, sempatkanlah sedikit waktu untuk memberikan pijatan-pijatan halus pada bayi anda. Jangan lupa memperhatikan kondisi bayi saat di pijat. Pijat bayi tidak dapat disamakan dengan pijat orang dewasa. Bila bayi memang sedang sakit (seperti yang Anda sampaikan) lebih baik atasi juga kondisi penyakitnya ke dokter. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pijat bayi. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar