Sukses

Frekuensi Buang Air Kecil

17 Jun 2017, 05:53 WIB
Pria, 15 tahun.

Hallo dok maaf nih saya mau tanya . Saya tuh klo kurang minum pasti pipis nya sedikit dan rasa nya seperti ingin pipis terus menerus pdhal sesudah di kamar mandi tidak bnyk air kencing nya malah hampir tidak ada . Lalu saya minum air putih sebnyk mungkin agar tidak sakit seperti tadi pipis nya sesudahh minum 4 -5 gelas air putih saya ingin pipis tapi sudah normal dan tidak sakit . Saya mau tanya kenapa bisa seperti itu . Dan kenapa air kencing saya yg normal tadi tidak berbau kencing seperti biasa nya dan malah warna nya pun sangat bening seperti air putih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Sensasi ingin buang air kecil dirasakan apabila kandung kemih terisi kurang lebih 150 cc cairan. Kandung kemih dapat menahan cairan sampai dengan 500 cc.

Jika seorang banyak minum air putih, tentu tubuh akan berusaha untuk mengeluarkannya.Jadi jika Anda banyak minum dan fungsi ginjal Anda baik, maka Anda akan banyak buang air kecil. Namun, ada juga beberapa penyakit yang sering menyebabkan kencing:

Infeksi Saluran Kencing: infeksi saluran kencing menyebabkan keluhan sering BAK, nyeri, sedikit-sedikit, rasa tidak lampias (rasa ada sisa setelah kencing), bisa disertai dengan perubahan warna kencing menjadi keruh atau kemerahan. Infeksi saluran kencing dapat pula disertai dengan penyakit batu saluran kencing.

Pembesaran kelenjar prostat: biasa terjadi pada pria yang sudah lanjut usianya >50 thn.

Diabetes mellitus (kencing manis): ditandai dengan keluhan banyak minum, banyak makan, banyak kencing, penurunan berat badan, dan keluhan-keluhan tidak khas lainnya.

Diabetes insipidus: kekurangan hormon antidiuretik atau kurangnya respon ginjal terhadap hormon antidiuretik. Kondisi ini menyebabkan jumlah air kencing yang berlebih.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar