Sukses

Mencegah Infeksi Toksoplasma

17 Jun 2017, 02:04 WIB
Wanita, 25 tahun.

siang dokter.... Begini dok, saya kan pecinta kucing....saya pelihara kucing yg setiap harinya selalu berinteraksi langsung...bahkan slalu tdr bersama dlm 1 ruangan... saya tau jika wanita rentan trrjangkit penyakit takso dri hewan peliharaan, nah yg saya ingin tanyakan.... adakah vaksin utk wanita agar tdk terjangkit virus takso tersebut? lalu, apakah vaksin itu rutin dlakukan atau ckp 1x utk seumur hdp? trmksh

Terima kasih telah bertanya tentang mencegah toksoplasma melalui fitur Tanya Dokter. 

Toxoplasma gondii merupakan parasit yang dapat menginfeksi sebagian besar mamalia termasuk manusia. Parasit ini ditularkan melalui daging yang dimasak setengah matang atau mentah atau melalui kontak dengan kotoran hewan (kucing, anjing, kambing, domba, babi, dan lain-lain) yang terinfeksi.

Untuk mencegah terjadinya infeksi, selain mencegah kontak dengan faktor resiko (makan daging yang tidak matang, menyentuh kotoran kucing), maka anda perlu juga menjaga kekebalan tubuh.

Yang perlu anda lakukan untuk menjaga sistem imun adalah;

  • Menjalani diet seimbang, yaitu mencakup karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Upaya mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak juga bermanfaat dalam meningkatkan daya gahan tubuh. Diet rendah lemak dapat meningkatkan aktivitas sel pembunuh alamiah dalam tubuh, sebaliknya diet tinggi lemak akan mengurangi aktivitasnya.
  • Cukup tidur dan istirahat. Kurang tidur/istirahat diketahui menurunkan aktivitas sel pembunuh alami tubuh, sehingga membuat individu lebih mudah terserang infeksi bakteri dan virus.
  • Belajar mengendalikan stress.
  • Olahraga dengan intensitas sedang dapat membantu memperbaiki fungsi imun dan suasana hati.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pencegahan toksoplasma. Semoga bermanfaat. Salam. 

1 Komentar

  • faf*****

    baik trmksh utk jawabannya dok... namun pertanyaan, "Adakah vaksin khusu utk wanita agar tdk terjangkit tokso tersebut?" tidak terjawab :(