Sukses

Penanganan Bronkitis

17 Jun 2017, 02:04 WIB
Wanita, 23 tahun.

Permisi dok,saya nana,usia 23thn,awqlnya dada kiri saya terasa kesemutan,selang beberapa hari terasa nyeri,akhir nya saya periksa dan di suruh rountgen dan hasil nya bronkitis,tapi saya tidak merasakan gejala batuk dok,tetapi dada saya rasa nya tidak nyaman saya juga sering merasa lelah,yang ingin aaya tanyakan saya menderita bronkitis jnis apa dok?dan hal apa yang harus saya hindari dan lakukan agar saya cepat sembuh,mohon penjelasan nya dok,terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang bronkitis melalui fitur Tanya Dokter.

Bronkitis adalah suatu kondisi yang timbul bila dinding bagian dalam saluran pernapasan utama paru terinfeksi dan meradang. Saluran pernapasan adalah saluran yang terdapat di dalam paru-paru yang merupakan tempat aliran udara. Jika saluran pernapasan tersebut mengalami iritasi, maka akan terbentuk lendir yang tebal di dalamnya. Lendir tersebut dapat menyumbat sehingga menghalangi udara untuk mencapai paru-paru. Maka dari itu, gejala yang dapat terjadi berupa batuk berdahak yang banyak mengandung lendir, kesulitan bernapas dan dada terasa sesak. Bronkitis terbagi menjadi dua yaitu bronkitis akut dan kronis. Bronkhitis akut seringkali disebabkan oleh infeksi virus. Virus yang menyerang biasanya adalah virus yang sering menimbulkan flu yang menyebar hingga ke saluran napas yang lebih dalam sehingga menimbulkan bronkhitis. Disamping akibat infeksi virus, sebagian kecil kasus bronkhitis akut juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri ataupun akibat paparan terhadap asap rokok disekitar anda.

Bronkhitis akut yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya dapat sembuh secara spontan dalam beberapa minggu jika anda memiliki daya tahan tubuh yang baik. Namun, pada bronkhitis akut yang disebabkan oleh bakteri, diperlukan pemberian antibiotik secara teratur untuk menghilangkan kuman penyebab bronkhitis.

Bila penyakit bronkitis bertahan dan berlanjut kurang lebih selama tiga bulan dalam setahun, maka disebut sebagai bronkitis kronik. Bronkhitis kronik umumnya disebabkan karena merokok atau paparan terhadap asap rokok. Disamping akibat rokok, bronkhitis kronik juga dapat terjadi akibat paparan terhadap debu dan polusi udara untuk waktu yang lama. Pengobatan yang diberikan pada bronkitis kronik biasanya hanya akan membantu mengatasi gejala-gejala yang timbul, namun gejala tersebut akan sering kambuh dan saluran napas yang sudah rusak akibat bronkhitis kronik tidak dapat sembuh sempurna 100%.

Paru-paru basah merupakan istilah awam yang digunakan untuk menggambarkan suatu komplikasi tuberkulosis (TBC) pada selaput paru/pleura., Tuberkulosis atau TBC adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menular melalui droplet mengandung kuman tuberkulosis, yang dikeluarkan oleh penderita tuberkulosis ke udara terutama saat batuk dan bersin. Kuman dalam droplet ini dapat bertahan pada suhu 25°-30° Celcius, dan akan menginfeksi siapapun yang menghirupnya. Yang terpenting adalah kondisi daya tahan tubuh, diagnosis dini, terapi dini dan adekuat, serta ada/tidaknya riwayat kontak dengan penderita tuberkulosis itu sendiri. Apabila terapi tidak dilakukan secara adekuat, kuman tuberkulosis dapat menyerang beberapa organ lain termasuk selaput paru yang mengakibatkan akumulasi cairan di selaput paru (paru-paru basah).

Oleh karena itu kami sarankan anda memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis paru untuk mendapatkan pengobatan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai bronkitis. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar