Sukses

Penyakit Kuning dan Diabetes

17 Jun 2017, 01:59 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok, mau tanya bagaimana cara mengobati penyakit kuning dan penyakit diabetes secara bersamaan? Mohon bantuan nya dok

Terimakasih telah bertanya tentang penyakit kuning dan diabetes melalui fitur Tanya Dokter.

Penyakit kuning dan diabetes dapat diobati secara bersamaan.

Penyakit kuning disebabkan oleh virus hepatitis. Virus hepatitis sendiri sangat banyak jenisnya. Di antaranya yang paling sering ditemukan adalah hepatitis A, B, C, dan E.

Virus Hepatitis A dan E ditularkan melalui makanan dan minuman yang tercemar oleh virus tersebut dan melalui tinja penderita. Penderita hepatitis A atau E yang memasak atau menyiapkan makanan juga dapat menularkan virus kepada orang lain. Penularannya mirip seperti penularan penyakit demam tifoid yang sering disebut dengan tifus/tipes.

Sedangkan virus Hepatitis B dan C tidak ditularkan melalui makanan, minuman, atau tinja penderita, melainkan melalui cairan tubuh seperti darah, cairan sperma/mani, cairan vagina, dan air liur. Paling sering kedua virus ini ditularkan melalui hubungan seksual dan penggunaan narkoba suntik (karena menggunakan jarum suntik berganti-gantian).

Pengobatan hepatitis bersifat suportif dalam arti tidak ada obat-obatan khusus. Karena ini disebabkan oleh virus, sebenarnya dapat menyembuh sendiri. 

Berikut adalah beberapa artikel yang dapat menambah informasi Anda mengenai hepatitis.

Sedangkan untuk diabetes, prinsipnya diobati dengan 4 pilar, yaitu edukasi (pemberian informasi terkait penyakit, penyebab, komplikasi, penanganan, pencegahan), pengaturan pola makan, olahraga, dan obat. Obat-obatan antidiabetes banyak jenisnya dan indikasinya tergantung beratnya diabetes serta komplikasi yang sudah terjadi.

Untuk target pengendalian gula darah pada diabetes adalah sebagai berikut:

  • HbA1c <7% (optimal bila <6,5%)
  • Gula darah puasa <80-130 mg/dL (optimal bila <110 mg/dL)
  • Gula darah  2 jam post prandial (setelah makan) <180 mg/dL (optimal bila <140 mg/dL)

Untuk mengenal diabetes lebih lanjut, Anda dapat membaca lebih lanjut dari Rubrik Spesialis Diabetes. Ada beragam informasi terkait diabetes yang bisa Anda baca di sini. Berikut ada pula video mengenai Cara Mencegah Diabetes dengan 3J.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel untuk menambah informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar penyakit kuning dan diabetes. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar