Sukses

Kutil Kelamin

16 Jun 2017, 14:59 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat siang dok, saya mau bertanya dok. Kemaren saya terkena penyakit kutil kelamin dok udah di bwa ke dokter di obati dan akhirnya hilang kutilnya. Kemudian jg di tes lab VDRL & TPHA & AIDS hasilnya negatif. Tetapi kutil itu kan di sebabkan oleh virus Hpv dok, Apakah nanti bisa terkena kutil lagi atau penyakit lainnya? Dan bagaimana dok cara untuk pencegahan agar tidak terkena penyakit terhadap faktor resiko krena virus? Saya takut nanti terkena penyakit lain yg disebabkan oleh Hpv. Mohon bantuan jawabanya dok. Trimaksih sebelumnya.

Terima kasih telah bertanya tentang kutil kelamin melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kutil pada kelamin dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, salah satunya yang paling umum adalah kondiloma akuminata. Kondiloma Akuminata merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. Kadang kutil ini juga dikenal dengan istilah jengger ayam.
Kutil pada kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan bahan bernama podifilin pada kutil tersebut untuk kemudian dibilas, asam trikloroasetat, atau dengan cryosurgery, dengan laser, atau dengan operasi kecil untuk mengangkat jengger ayam yang berukuran lebih besar. Dengan penanganan yang tepat maka kondiloma akuminata dapat disembuhkan, meskipun sering kambuh. Mungkin ini yang sedang erjadi pada Anda, kekambuhan kutil kelamin terjadi berulang kali. Efektivitas penanganan sangat bergantung pada ukuran dan juga metode penanganan.

Kondiloma akuminata juga merupakan penyakit yang ditularkan lewat hubungan seksual. Anda perlu memperhatikan agar melakukan hubungan seksual yang aman, tidak berganti-ganti pasangan dan melakukan hubungan seksual dalam hubungan pernikahan agar kondiloma akuminata tidak berulang atau terkena infeksi menular seksual lainnya.

Kami hanya dapat memberikan informasi untuk menambah wawasan Anda dan tidak dapat memberikan obat melalui sesi konsultasi, terlebih tanpa pemeriksaan langsung oleh dokter. Sebaiknya Anda kembali konsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pengobatan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kutil kelamin. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar