Sukses

Penanganan HIV

16 Jun 2017, 20:31 WIB
Pria, 18 tahun.

assalammualaikum maaf dok saya mau tanya.... kakak saya tertular virus HIV.... apakah benar penderita HIV tak bisa hidup tanpa obat... terimakasih... wassallam....

Terima kasih telah bertanya tentang Penanganan HIV menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Terapi yang diberikan pada penderita AIDS adalah terapi kausal (Penyebab), terapi suportif untuk meningkatkan keadaan umum pasien, dan terapi untuk infeksi oportunistik. Sebagai terapi kausal diberikan antiretroviral (ARV). Indikasi pemberian ARV adalah adanya bukti infeksi HIV dengan gejala atau infeksi HIV dengan pemeriksaan CD4 (salah satu sistem kekebalan tubuh) dibawah 200/mL. Jika pemeriksaan CD4 tidak dapat dilakukan, dapat digunakan pemeriksaan limfosit total. CD4 200/mL kurang lebih setara dengan limfosit total 1200sel/dL. ARV diberikan dengan cara kombinasi, hal ini berdasar atas bukti klinis yang menunjukkan bahwa inisiasi terapi menggunakan kombinasi dua atau lebih ARV memberikan hasil yang optimal.

Selama pemberian ARV, dilakukan pemantauan secara klinis dan laboratorium. Pemantauan laboratorium yang dilakukan adalah pemeriksaan hemoglobin (Hb), SGOT, SGPT, bilirubin, CD4, serta viral load. Terapi yang berhasil akan perbaikan gejala klinis, peningkatan CD4 dan viral load. Terapi yang efektif akan menunjukkan penurunan viral load setelah terapi selama 3-4 minggu. Dan beberapa penelitian menyatakan bahwa dalam 6 bulan terapi sekitar 80% dari penderita AIDS yang menggunakan ARV secara teratur dapat mencapai keadaan undetectable. Dan pengobatan ini akan terus dilakukan sampai peningkatan CD4 sudah sesuai jumlahnya.

Demikian penjelasan tentang Penanganan HIV yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar