Sukses

Perut Kembung dan Sering BAB

16 Jun 2017, 20:16 WIB
Pria, 22 tahun.

Selamat pagi dok Saya mau tanya kenapa yah perut saya selalu kembung dan sering buang air besar terus dan kadang kadang membesar

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.


Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan perut kembung atau perasaan perut bergas bisa jadi ini berhubungan dengan organ lambung, atau disebut dengan gejala dispepsia. Oleh karena itu ijinkan kami menjelaskan sedikit tentang keluhan peningkatan asam lambung atau disebut sindrom dispepsia. Sindrom dispepsia merupakan suatu kumpulan gejala saluran cerna terdiri dari perut kembung, terasa penuh sehingga mudah kenyang, perut perih di bagian atas (ulu hati), sering bersendawa, mual, muntah, dll. Dispepsia biasanya disebabkan oleh penyakit ulkus lambung atau kelebihan asam lambung. Pengobatan sindrom dispepsia sangat tergantung dari penyebabnya.

Sementara itu, Buang air besar (BAB) merupakan hasil akhir dari proses pencernaan oleh organisme dari saluran pencernaan melalui anus. Usus halus dan usus besar merupakan saluran otot. Normalnya, saluran ini berkontraksi dengan arah yang berbeda untuk mencerna sekaligus mencampur bahan makanan menuju anus. Sekitar empat kali dalam sehari, gerakan usus mendorong sisa makanan menuju rektum (bagian usus sebelum anus). Rangsangan untuk melakukan BAB umumnya adalah makan, yang akan meningkatkan gerakan usus menuju rektum, dan mendorong sisa makanan keluar melalui anus.

Frekuensi BAB sangat bervariasi pada setiap individu, bergantung pada makanan, aktivitas, metabolisme tubuh, penyakit dan banyak faktor lain. Selama ini banyak orang telah salah menganggap bahwa mereka harus buang air besar setiap hari, padahal yang paling penting adalah keteraturan BAB itu sendiri.

Jika pola BAB Anda memang tidak teratur, kemudian ketika BAB kotoran yang keluar encer dengan frekuensi yang banyak, kemungkinan terdapat gangguan pada usus besar Anda. Dapat terjadi iritasi maupun inflamasi pada usus besar yang berperan besar dalam penyerapan air di saluran cerna. Gangguan ini yang menyebabkan air tidak diserap atau hanya sedikit diserap sehingga keluar BAB yang cair. Untuk memastikannya, tentunya dibutuhkan data lebih lanjut.

Kami sarankan sebaiknya anda segera mengunjungi dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapat tatalaksana yang lebih optimal. Penyebab perut kembung dan keluhan BAB tersebut dapat saling berkaitan atau didasari oleh penyebab yang berbeda-beda. Diagnosis akan lebih mudah ditegakkan melalui pemeriksaan fisik langsung dan beberapa pemeriksaan penunjang (sesuai indikasi).

Sementara itu, Anda dapat menerapkan pola hidup sehat dengan makan besar 3x sehari diselingi makanan kecil 2x, konsumsi cukup air (2-3 Liter air per hari), melakukan olahraga teratur, dan tidak menunda terlalu lama jika terasa hendak BAB.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar