Sukses

Plasenta Letak Rendah

16 Jun 2017, 19:55 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok, 5 bulan lalu saya melahirkan SC, usia kandungan 37 minggu. Tiba2 pendarahan dan dokter bilang plasenta letak rendah sehingga harus SC saat itu juga. Dalam pemeriksaan kehamilan sebelumnya tidak ada menunjukan plasenta letak rendah. Kira-kira apa penyebabnya dokter? Untuk informasi ini kehamilan pertama saya, tidak ada riwayat keguguran atau operasi apapun sebelumnya dan saya juga bukan perokok. Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya tentang Plasenta Letak Rendah menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Plasenta, atau ari-ari, terbentuk pada rahim seorang wanita pada saat kehamilan. Plasenta yang memiliki struktur menyerupai kantong ini menyediakan makanan dan oksigen bagi janin yang sedang berkembang. Selain itu, plasenta juga mengeluarkan produk buangan dari darah janin.

Selama kehamilan, plasenta bergerak/berubah posisi seiring dengan peregangan dan pertumbuhan rahim.
Merupakan suatu hal yang normal bila plasenta terletak di bagian bawah rahim pada saat awal kehamilan. Akan tetapi, dengan bertambahnya usia kehamilan, umumnya plasenta akan berubah posisi ke arah puncak rahim.

Namun apabila plasenta tetap melekat pada bagian bawah rahim, plasenta dapat menutupi sebagian atau seluruh serviks (pintu masuk ke rahim). Ketika plasenta menutupi sebagian atau seluruh serviks pada bulan-bulan akhir kehamilan, kondisi ini disebut dengan plasenta previa atau plasenta letak rendah. Kondisi ini dapat menyebabkan perdarahan hebat sebelum dan pada saat persalinan.

Seorang wanita hamil memiliki risiko plasenta previa apabila ada riwayat pembedahan di rahim – misalnya seksio, pembedahan untuk mengangkat fibroid rahim, dilatasi kuretase. Selain itu, risiko plasenta previa juga dapat terjadi pada kondisi:

- Kehamilan kembar/multipel
- Memiliki riwayat keguguran
- Plasenta yang besar
- Bentuk rahim yang tidak normal
- Sudah memiliki 1 anak
- Riwayat plasenta previa sebelumnya
- Berusia lebih dari 35 tahun
- Ras Asia
- Perokok

Demikian penjelasan tentang Plasenta Letak Rendah yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar