Sukses

Nyeri Perut Kiri dan BAB Berdarah

16 Jun 2017, 19:37 WIB
Pria, 21 tahun.

1. kenapa perut saya yg sebelah kiri sakit??? meski ga sering 2. kenapa setiap saya bab itu bedarah??

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

Nyeri Perut Kiri


Sejak kapan Anda merasakan keluhan tersebut? Apakah ada gejalan lain seperti demam, mual, muntah, penurunan berat badan, rasa panas di tenggorokan, sering sendawa? Apakah Anda memiliki riwayat sakit maag? Dimana letak pasti nyeri perutnya, apakah perut kiri bawah atau sekitar ulu hati? Adakah perubahan pola BAB, seperti darah atau lendir pada BAB Anda? Bagaimana dengan pola makan Anda, apakah sudah teratur atau sering terlambat makan?

Nyeri perut pada bagian kiri dapat berarti beberapa hal, diantaranya adalah gastritis (peradangan lambung), dispepsia, duodenitis, dan gangguan pencernaan lainnya. Apabila pola makan Anda tidak sehat (banyak makan pedas, asam, berlemak), kurang serat pada makanan, kurang minum air putih, dan waktu makan tidak teratur, maka mungkin saja gangguan pencernaan menjadi penyebabnya.

Diperlukan lebih banyak informasi untuk mengetahui diagnosis dari kondisi kesehatan Anda. Juga diperlukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Jika keluhan sangat mengganggu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan sehingga kondisi Anda dapat segera ditentukan dan ditangani secara optimal.

 

BAB Berdarah

Buang air besar yang normal seharusnya tidak mengeluarkan darah. Bila mengeluarkan darah, perlu diperhatikan: Apakah darah keluar setelah selesai buang air besar? Menetes? Berapakah perkiraan banyak darah yang keluar? Ataukah darah keluar bersamaan dengan tinja? Apakah disertai rasa nyeri perut? Adakah rasa nyeri di daerah anus? Apakah mengalami kesulitan buang air besar? Apakah diare?

Pertanyaan-pertanyaan ini perlu dijawab karena buang air besar dengan darah dapat menjadi pertanda dari beberapa jenis penyakit, seperti infeksi (disentri), hemoroid (ambeien), atau kanker kolon.

Pada infeksi (disentri) biasa disertai dengan diare, nyeri perut dan terkadang demam dan darah biasanya keluar bersamaan dengan tinja. Pada hemoroid biasanya darah keluar setelah selesai buang air besar, terdapat kesulitan buang air besar, darah sering kali hanya menetes, dan dapat dijumpai adanya benjolan yang ikut keluar dari anus. Pada kanker kolon, biasanya darah keluar dalam jumlah agak banyak dan disertai rasa nyeri pada saat buang air besar, dapat disertai diare ataupun tinja yang berbentuk kecil-kecil.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter. Dokter dapat melakukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan. Penegakkan diagnosis secepat mungkin dapat mencegah banyak komplikasi yang tidak diinginkan. Anda juga dapat segera mendapatkan penanganan yang tepat dan optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar