Sukses

Kista Pada Usia Remaja Dan Belum Menikah

16 Jun 2017, 18:38 WIB
Wanita, 19 tahun.

Mengapa kista dapat tumbuh di usia remaja dan belum menikah . dan apa penyebabnya. Apakah benar yang mempunyai penyakit kista adalah yang sudah berumah tangga ?

Terimakasih telah bertanya tentang Kista melalui fitur Tanya Dokter.

Kista apakah yang Anda maksud? Banyak kista yang terletak di organ reproduksi. Salah satunya adalah kista ovarium. Kista ovarium atau kista indung telur adalah kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium. Selama fase menstruasi, ovarium akan menghasilkan telur dari pematangan kantung yang disebut folikel. Oleh karena itu, kista justru biasanya tumbuh pada usia reproduksi wanita yang dimulai saat remaja sampai menopause. Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau dibilang sebagai kista yang fungsional. Hanya sekitar 4-10% yang mengalami gangguan kista serius seperti PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome). Timbulnya kista tidak ada hubungannya apakah anda sudah berumah tangga atau belum, karena kista bisa timbul dari masa remaja sejak menstruasi pertama.

Beberapa jenis kista ovarium memang dapat mengganggu kesuburan, namun tidak selalu terjadi dan sebagian besar jenis kista ovarium tidak menyebabkan gangguan kesuburan (masih bisa hamil). Terdapat beberapa jenis kista ovarium:

Kista ovarium yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan adalah:

  • Endometriosis
  • PCOS (Polycystic Ovary Syndrome)

Kista ovarium yang tidak menyebabkan gangguan kesuburan:

  • Kista fungsional
  • Kistadenoma
  • Kista dermoid

Jika anda memiliki kista, sebaiknya konsultasikan masalah Anda dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk penilaian dan terapi lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Kista. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar