Sukses

Masa Subur Kehamilan

16 Jun 2017, 17:54 WIB
Pria, 27 tahun.

asaalamalaikum.. sy mw bertnya dok ttng masa subur.. blan april kmrin kan haidnya tggl 25 april. kmudiann 15 mei sy nikah. haid brikutnya 1 juni. jdi sepnjang mei tdk haid. kira2 kapan masa suburnya dok. kmudian bbrpa hr terakhir sy mrskan sakit dan nyeri pd bagian bawa perut. itu disebbkan knpa ya dok. terimkasih

Terima kasih telah bertanya mengenai masa subur menggunakan fitur Tanya Dokter.

Untuk mengetahui perkiraan masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk menghitung estimasi masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir.

Rumusnya:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari pada siklus terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari pada siklus terpanjang – 11

Ovulasi terjadi pada 14 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya. Lakukan hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika Anda melakukan hubungan seksual pada hari-hari tersebut. Kemudian, Anda dan pasangan juga perlu melakukan hubungan seksual yang teratur 2-3x/minggu. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari.

Kalau pada kasus Anda yang mengalami haid terakhir pada 1 Juni, kemungkinan masa subur anda adalah sekitar 12-20 Juni (tergantung siklus haid Anda) 

 

Untuk keluhan sakit pada bagian bawah perut ini bisa merupakan beberapa hal, yang pertama kemungkinan adalah penyakit saluran pencernaan (lambung, diare, dll.), apakah anda sedang mengalami gangguan pencernaan? Atau kemungkinan lain adalah itu merupakan tanda-tanda awal dari kehamilan, mungkin Anda bisa coba cek kehamilan dalam 1 minggu ke depan. Kemungkinan lain adalah adanya kram otot perut yang dikarenakan aktivitas atau olahraga.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai masa subur, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar