Sukses

Mengatasi Komplikasi Diabetes

16 Jun 2017, 16:38 WIB
Pria, 49 tahun.

Mau tanya dok, saya penderita diabetes , kaki merasa kebas dan susah bab,dan solusinya bgaimana dok ,terimakasi

Terimakasih telah bertanya tentang mengatasi komplikasi diabetes melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Diabetes merupakan penyakit yang terkait dengan gangguan hormon insulin. Secara normal, pankreas memproduksi insulin agar tubuh dapat menyimpan gula dan lemak dari makanan yang dikonsumsi. Diabetes terjadi ketika pankreas memproduksi insulin dalam jumlah sedikit atau tidak sama sekali, atau ketika tubuh tidak merespon dengan benar terhadap insulin.

Diabetes diobati dengan 4 pilar, yaitu edukasi (pemberian informasi terkait penyakit, penyebab, komplikasi, penanganan, pencegahan), pengaturan pola makan, olahraga, dan obat. Obat-obatan antidiabetes banyak jenisnya dan indikasinya tergantung beratnya diabetes serta komplikasi yang sudah terjadi.

Apakah Anda menggunakan obat-obat antidiabetes saat ini? Jika ya, tetap lanjutkan sesuai anjuran dokter dan konsumsi secara rutin.

Komplikasi yang Anda alami yaitu kaki kebas dan susah BAB disebabkan pengendalian kadar gula darah yang belum baik. Anda perlu rutin mengecek kadar gula darah puasa, gula darah 2 jam setelah makan dan HbA1c 3 bulan sekali di laboratorium.

Untuk target pengendalian gula darah pada diabetes adalah sebagai berikut:

  • HbA1c <7% (optimal bila <6,5%)
  • Gula darah puasa <80-130 mg/dL (optimal bila <110 mg/dL)
  • Gula darah  2 jam post prandial (setelah makan) <180 mg/dL (optimal bila <140 mg/dL)

Untuk mengenal diabetes lebih lanjut, Anda dapat membaca lebih lanjut dari Rubrik Spesialis Diabetes. Ada beragam informasi terkait diabetes yang bisa Anda baca di sini. Berikut ada pula video mengenai Cara Mencegah Diabetes dengan 3J.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel untuk menambah informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar mengatasi komplikasi diabetes. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar