Sukses

Banyak Bulu=PCOS?

16 Jun 2017, 16:34 WIB
Wanita, 14 tahun.

Selamat pagi dok, saya mau bertanya. Saya masih umur 14 tahun, saya punya bulu di sekitar wajah,punggung,tangan,kaki. Apa itu normal dok? Saya juga sempet cari info di google, ada yang bilang kalau punya bulu halus di wajah berarti menderita PCOS. Lalu, waktu saya lihat ciri2 penderita PCOS ada yg cocok sm saya tapi ada yg ga cocok juga. Jadi gimana dok? Walaupun ciri2 penderita PCOS nya ada yg ga cocok sama saya, apa saya masih bisa dikatakan penderita PCOS? Terima kasih dok

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter

Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) merupakan suatu kelainan hormonal dengan beberapa gejala khas yang ditandai oleh adanya sejumlah kista pada ovariumnya (indung telur). PCOS terjadi pada 5-10% wanita dan merupakan penyebab tersering gangguan kesuburan (infertilitas) pada wanita.

Gejala utama dari penderita PCOS yaitu adanya gangguan pada siklus menstruasi dan adanya peningkatan kadar hormon pria (androgen), seperti berjerawat, pertumbuhan rambut yang berlebih di seluruh tubuh (hirsutism), dll. Namun, beberapa wanita mungkin tidak merasakan adanya gejala-gejala PCOS selain mengalami kesulitan untuk mendapatkan keturunan (infertilitas). Infertilitas pada penderita PCOS terjadi karena indung telurnya tidak mampu melepaskan sel telur setiap bulannya.


Diagnosa PCOS bisa didapatkan dengan melakukan wawancara medis secara langsung dan pemeriksaan fisik berupa usg abdomen yang dilakukan oleh dokter. Silahkan anda berkonsultasi dengan dokter ahli kebidanan dan kandungan untuk menkonfirmasi diagnosis ini.

Demikian penjelasan yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar