Sukses

Bercak Putih di Dada, Panu Kah?

16 Jun 2017, 05:08 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok mau nanya, sya memiliki bercak putih di dada kurang lebih 2 thun yang kaku namun akhir ini menyebar higga seluruh punggung, sya telah mencoba menkonsumsi obat jamur dan salep, namun tidak ada perubahan, apa yg harus sya lakukan?

Terimakasih telah bertanya tentang bercak putih di kulit melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Bercak putih pada kulit bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti panu, pitiriasis alba, hingga vitiligo.

Panu dan pitiriasis alba disebabkan oleh jamur. Namun demikian, hanya panu yang perlu diobati agar infeksinya tuntas. Salah satu ciri yang membedakan panu dengan pit. alba adalah rasa gatal yang amat terasa ketika berkeringat. 

Untuk mengobati panu, harus dilakukan secara menyeluruh, tekun, dan konsisten. Agar infeksi benar-benar tuntas, pengobatan harus dilanjutkan hingga beberapa minggu. Obat-obat anti jamur yang umum digunakan ialah selenium sulfida 2% dalam shampo, derivate imidasol seperti ketokonasol, isokonasol, toksilat dalam bentuk krim atau larutan dengan konsentrasi 1-2%. Sabun yang mengandung sulfur atau belerang bisa membantu mengurangi keluhan Anda, karena kandungan mineral yang tinggi pada belerang dapat sebagai anti jamur. Selain penggunaan obat-obatan ini, jika Anda mudah berkeringat, segera ganti pakaian yang basah agar tidak semakin lembab dan memperbanyak jamur di kulit. Sementara diobat, pakaian Anda harus dicuci terpisah dengan anggota keluarga yang lain sebab bisa menularkan. Handuk yang dipakai pun tidak boleh dipakai bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya.

Yang berikutnya adalah vitiligo. Vitiligo adalah suatu kondisi terganggunya pigmentasi kulit karena melanosit (sel pembentuk pigmen) di area tersebut hancur atau rusak. Bentuk klinis dari kondisi ini adalah bercak putih pada area yang terkena.

Hingga kini, faktor penyebab vitiligo masih belum diketahui dengan pasti. Genetik dan penyakit autoimun atau gangguan kekebalan tubuh ditengarai berperan. Faktor pemicu timbulnya bercak putih ini adalah paparan sinar matahari dan atau stres.

Tujuan utama terapi vitiligo adalah memperbaiki penampilan. Umumnya pengobatan merupakan pengobatan jangka panjang dan harus rutin. Jenis terapi akan tergantung dari banyaknya bercak putih di tubuh, lokasi, ukuran, dan seberapa luas penyebarannya. Masing-masing individu berespon berbeda terhadap terapi yang dilakukan. Jika area vitiligo kecil, dan rambut pada area tersebut masih berwarna hitam, kemungkinan penyakit ini dapat disembuhkan. Walaupun ada kemungkinan untuk timbul kembali.

Adapun golongan jenis terapi yang saat ini direkomendasikan para ahli adalah :

  • Terapi topikal (oles)
    • Steroid topikal - seperti yang Anda dapatkan
    • Psoralen (fotokemoterapi)
    • Tabir surya
  • Operasi
  • Terapi tambahan lainnya

Selain itu, sebaiknya selalu memakai tabir surya untuk melindungi kulit yang mengalami perubahan tersebut agar sel kulit tidak mudah rusak.

Vitiligo agak sulit disembuhkan namun dapat dihambat perluasannya. Karena itu, kami anjurkan agar Anda memeriksakan diri ke dokter kulit, terlebih bila kondisi ini meluas dengan cepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar bercak putih di kulit. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar