Sukses

Pola Makan Saat Puasa

15 Jun 2017, 19:55 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok.. Kalau buka puasa cocoknya makanan yang bagaimana?? Apakah yang banyak mengandung karbohidrat atau yang bagaimna?? Dn Juga ada nggak efek samping meminum kopi setelah buka dan sahur??

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Selama berpuasa metabolisme tubuh dapat menurun yang dapat menimbulkan rasa lemas dan lelah. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar tetap fit dan kuat selama puasa antara lain:

Makan yang Benar

Saat sahur, pilihlah makanan yang lama dicerna dan memberikan rasa kenyang lebih lama seperti nasi merah/gandum. Pastikan juga selalu ada buah dan sayur di setiap menu makan Anda. Serat dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah penyerapan kolesterol. Pilihlah juga produk susu yang rendah lemak.

Selain itu perhatikan juga jenis makanan yang dimakan saat berbuka. Memang sebaiknya berbuka dengan yang manis karena dapat mengembalikan energi dengan cepat. Namun pilihlah kurma atau buah yang memiliki rasa manis alami. Hindari makanan atau minuman yang tinggi gula dan tinggi lemak (sirup, kue, kolak, gorengan, jeroan, dsb), makanan inilah yang bisa membuat berat badan bertambah. Makanan tinggi kalori dan karbohidrat seringkali disajikan saat berbuka dan sahur.

Yang penting juga, cukupi kebutuhan cairan. Saat puasa, kebutuhan cairan kurang dan bisa menyebabkan dehidrasi. Jadi minumlah yang cukup saat berbuka puasa dan sahur, air mineral jauh lebih baik daripada sirup dan minuman manis lainya.

Untuk itu, saat berbuka puasa konsumsilah makanan dalam jumlah sedikit dan air putih dahulu, bisa dilanjutkan dengan sup sayur dan makanan yang mengandung 5 sumber nutrisi untuk tubuh yaitu sayuran, buah, nasi merah dan protein seperti ikan atau ayam.

Tetaplah Aktif

Apabila Anda sudah memiliki rutinitas olahraga sebelumnya maka jangan dihentikan. Anda bisa melakukan olahraga beberapa jam setelah berbuka puasa. Agar tidak kelelahan, jagalah tingkat energi Anda dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan protein, karbohidrat kompleks, serta sayuran.

Tidur yang Cukup

Pastikan waktu tidur yang cukup agar tetap fit dan segar keesokan harinya, setidaknya selama 7-8 jam dalam sehari.

Semoga bermanfaat, Salam sehat!

0 Komentar

Belum ada komentar