Sukses

Syarat Untuk Menjadi Perawat Gigi

15 Jun 2017, 21:58 WIB
Pria, 16 tahun.

Apakah jika ingin menjadi seorang perawat gigi kita tidak boleh lobang ??

Terimakasih telah bertanya seputar syarat untuk menjadi perawat gigi melalui fitur Tanya Dokter.

Menurut Pusdiknakes (Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan) syarat untuk menjadi seorang perawat tidak ada batasan umur untuk pendidikan D3 Keperawatan, Tinggi badan minimal 150 cm untuk perempuan, dan 155 cm untuk laki-laki, tidak buta warna, dan lulus ujian masuk. 

Namun kondisi gigi berlubang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Selain itu, gigi berlubang juga tidak dapat sembuh dengan sendirinya. Karenanya, kondisi gigi berlubang ini membutuhkan perawatan/tindakan medis oleh dokter gigi.

Tindakan medis yang diberikan oleh dokter gigi akan bergantung pada sebesar dan sedalam apa kerusakan pada jaringan gigi yang telah terjadi. Lubang pada lapisan email dan dentin, baik yang sudah terdapat keluhan ngilu ataupun belum, akan memerlukan penambalan, baik dengan bahan tambal yang menggunakan sinar maupun bahan tambal glass ionomer. Pemilihan jenis bahan tambal ini bergantung dari jenis gigi, luas dan dalamnya lubang yang terjadi pada gigi.

Bila lubang pada gigi telah mencapai lapisan dentin yang berada dibawah email (lapisan terluar gigi) tidak dirawat dengan baik akan menyebabkan lubang yang terjadi mencapai kamar saraf gigi. Ketika kamar saraf gigi telah “bocor” akibat lubang yang terjadi maka kerusakan pada gigi tersebut tidak dapat langsung ditambal tetap, tetapi membutuhkan perawatan saluran akar terlebih dahulu baru bisa dilakukan penutupan lubang pada gigi tersebut. Perawatan ini biasanya dilakukan dengan menggunakan tambalan yang dibuat di laboratorium, yaitu inlay, atau dengan menggunakan crown/mahkota gigi.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai syarat untuk menjadi perawat gigi, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar