Sukses

Siklus Haid Tidak Teratur

15 Jun 2017, 19:55 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok sy mau tanya tentang mesntruasi, biasanya sy haid itu di akhir bulan. Jadi akan terlihat seperti haid di awal bulan, misalnya sy haid pada tanggal 29 april - 2 mei. Jadi akan terlihat seperti sy haid di awal bulan mei. Padahal itu bagian dari siklus haid sy di bulan april. Tapi di akhir mei sy belum juga haid sampai skrg sudah bulan juni. Itu masih normal ga sih dok? Sy takut ada sesuatu yg salah dlm diri saya

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terimakasih telah bertanya seputar haid tidak teratur melalui fitur Tanya Dokter.

Siklus haid yang normal berkisar antara 21-35 hari. Tidak jarang juga ada yang memiliki siklus haid lebih panjang yaitu 40 hari sehingga bisa tidak haid dalam 1 bulan. Namun, tetap teratur 40 hari sekali.

Haid tidak teratur disebabkan oleh banyak hal. Secara umum, terjadi perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron yang mengganggu pola normal haid Anda. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

-Menggunakan KB spiral (IUD)
-Menggunakan pil KB atau obat-obatan tertentu
-Olahraga yang berlebihan
-Memiliki kondisi sindrom ovarium polikistik (PCOS)
-Sedang hamil atau menyusui
-Stress psikologis
-Gangguan hormon tiroid (Hipertiroid)
-Penebalan dinding rahim atau polip dalam rahim
-Berat badan terlalu berlebih atau terlalu kurus

Jika keluhan berlanjut dan mulai mengganggu aktifitas sehari-hari, kami menyarankan untuk menemui dokter Anda agar dapat melakukan pemeriksaan fisik dan penanganan segera. Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar