Sukses

Bersin Setiap Bangun Tidur

15 Jun 2017, 17:29 WIB
Pria, 15 tahun.

Selamat siang dokter, saya ingin bertanya mengenai keluhan saya setiap bangun tidur atau kedinginan itu saya selalu bersin disertai lendir dan sakit tenggorokan. Saya sudah searching ke google dan gejalanya mirip seperti Rhinitis Vasomotor. Saya minta solusi dokter, saya harus bagaimana?

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar bersin setiap bangun tidur melalui fitur Tanya Dokter

Gejala utama dari rhinitis vasomotor adalah hidung terasa tersumbat dan jarang sekali menyebabkan bersin-bersin, terutama setiap paginya. Bersin yang muncul setiap bangun tidur lebih cenderung ke arah rhinitis alergi atau merupakan fenomena circadian sneezing. Bersin-bersin ini dipicu oleh reaksi alergi, entah terhadap debu, tungau, udara yang terlalu dingin, atau bulu hewan. CIrcadian sneezing seringkali dimiliki oleh orang dengan riwayat alergi. Jenis bersin ini dipengaruhi oleh hormon yang mengatur siklus tidur manusia.

Untuk mengatasinya, pertama coba hindari kira-kira faktor pencetusnya seperti mengganti bantal, seprei, atau mengurangi suhu AC, dan hindari bulu dan debu. Apabila menghilang atau berkurang, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah alergi.

Obat-obat seperti nasal spray yang mengandung oksimetazolin dapat membantu. Selain itu, obat anti alergi seperti cetirizine dan loratadine dapat dikonsumsi tiap malam sebelum tidur.

Untuk memastikan kami sarankan anda berkonsutlasi dengan dokter spesialis THT untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar bersin setiap bangun tidur, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar