Sukses

Bolehkah Suntik KB Saat Haid

15 Jun 2017, 14:50 WIB
Wanita, 25 tahun.

Maaf mau tnya dok,, sya kan suntik kb yg 1 bulan,, pas tgl nya suntik sya haid,, kta bidan nya ngk blh suntik saat haid, gmna itu dok??

Terimakasih telah bertanya tentang Bolehkah Suntik KB Saat Haid melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

KB suntik merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan dengan memberikan suntikan hormon (hormon progestin atau kombinasi hormon estrogen dan progesteron) ke dalam tubuh. Pemberian hormon melalui KB suntik mampu mencegah kehamilan dengan cara :

menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur)
mempertebal lendir mukosa leher rahim
mengganggu pergerakan silia saluran tuba
menghalangi pertumbuhan lapisan endometrium (dinding rahim).
Selain mampu mencegah kehamilan, pemberian KB suntik ini juga akan menimbulkan beberapa efek samping terkait dengan kerja hormon yang disuntikkan, salah satunya adalah timbulnya ketidakteraturan siklus menstruasi, seperti menstruasi menjadi lebih sering dan lebih banyak (umumnya terjadi pada beberapa bulan pertama) atau tidak terjadi menstruasi (umumnya terjadi dalam 1 tahun pertama).

Pemberian KB suntik justru diberikan pada hari 1-7 pertama dari siklus menstruasi Anda. Jadi, memang tidak apa untuk mendapatkan suntik KB pada saat haid.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Bolehkah Suntik KB Saat Haid. Semoga bermanfaat untuk Anda.

 

0 Komentar

Belum ada komentar