Sukses

Nyeri Saat BAK dan Nyeri Perut Kiri Bawah

15 Jun 2017, 14:19 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok istri saya mengalami sakit dibagian perut bawah kiri dan rasa sakit saat buang air kecil.. Itu karena apa dan apa obatnya ? Dia sudah menderita penyakit itu kurang lbih 1 minggu ini.. Mhon jawabanyaa

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri BAK melalui fitur Tanya Dokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Penyebab tersering munculnya rasa nyeri pada saat BAK adalah infeksi. Infeksi saluran kemih (ISK) yang menyebabkan keluhan sering BAK (buang air kecil), nyeri, sedikit-sedikit, rasa tidak lampias (rasa ada sisa setelah kencing), bisa disertai dengan perubahan warna kencing menjadi keruh atau kemerahan. Infeksi saluran kemih dapat pula disertai dengan penyakit batu saluran kencing. Faktor risiko terjadi infeksi saluran kencing adalah minum sedikit, sanitasi yang buruk, dan hubungan seksual yang tidak sehat. Secara umum, penyakit ini tidak menular.

Penyebab sakit perut kiri banyak kemungkinannya, seperti gangguan pencernaan, maag, gangguan otot/tulang atau organ ginjal. 

Kemungkinan istri Anda mengalami gangguan pada organ berkemihnya, seperti infeksi, adanya batu pada saluran kemih, dan lainnya.

Untuk memastikan diagnosis dan penyebabnya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut berupa wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang, misalnya urinalisis. Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan istri Anda  ke dokter spesialis Urologi atau penyakit dalam,

 Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar