Sukses

Bengkak Pada Wajah, Leher Dan Suara Semakin Habis

15 Jun 2017, 14:18 WIB
Pria, 33 tahun.

Apakah penyakit paru bisa menyebabkan bengkak pada leher dan muka? Untuk menelan makanan seperti ada yang mengganjal di leher. Dan suara semakin habis.

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya tentang bengkak di wajah dan leher melalui fitur Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda. Akan tetapi masih ada beberapa pertanyaan yang perlu kami tanyakan terkait keluhan Anda. Bengkak di wajah dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu infeksi lokal di bagian wajah, reaksi alergi makanan/obat, hingga kondisi penyakit khusus seperti sindrom nefrotik, gagal jantung, dsb.

Bila bengkak wajah disertai bengkak pada mata yang muncul terutama di pagi hari dan menghilang di siang hari, kemungkinan mengalami sindrom nefrotik. Bila disertai bengkak di kaki, kemungkinan ke arah gagal jantung masih ada. Namun kedua penyakit ini tidak dapat langsung disimpulkan hanya berdasarkan hal ini saja, perlu pemeriksaan lainnya untuk memastikan diagnosis.

Kemungkinan lain adalah gejala alergi. Bila bengkak di wajah anda muncul setelah memakan makanan tertentu atau obat-obatan tertentu, maka kemungkinan Anda mengalami alergi.

Diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk mengetahui faktor penyebab suara hilang tersebut. Apakah ada suara serak sebelumnya ? Apakah ada nyeri menelan ?

Kelelahan bersuara merupakan adaptasi negatif pembentukan suara pada orang-orang yang sering menggunakan suara dalam jangka waktu lama tanpa kelainan patologis pada laring. Kelainan yang dapat terjadi bisa karena infeksi laring atau laringitis, kenaikan asam lambung, dll. Kelelahan bersuara biasanya ditandai dengan perubahan kualitas suara, rasa tidak nyaman saat bersuara, dan adanya keterbatasan penggunaan suara. Karenanya, suara yang lelah biasanya akan terdengar serak atau parau.

Penyebab utama kelelahan bersuara adalah penggunaan suara yang berlebihan, berbicara di lingkungan yang bising, dan faktor stres. Berbicara dengan suara yang keras dapat meningkatkan frekuensi vibrasi pita suara yang apabila berlangsung terus-menerus dapat mengakibatkan kekakuan pada pita suara.

Untuk memastikannya kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter THT dan Penyakit Dalam agar dipastikan diagnosisnya dan mendapat penanganan yang sesuai. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar