Sukses

BAK Mengejan

15 Jun 2017, 13:03 WIB
Wanita, 25 tahun.

Assalamualaikum. Dok. Sy ingin tnya. Sy punya bayi laki2 brusia 2 bln 5 hr. Brt lhr 3,6 Pnj 50cm. Sblmnya saya tidak memperhtikan ekspresi bayi saya ketika BAk. Ttpi 1 mnggu terakhr ini ank saya tmpak mengejan ktika BAK. Saya tidak tahu pasti kapan hal ini mulai trjadi sm ank saya. Shri2 ank saya mnggunakan pampers. Apakah ini bahaya dok? Bayi saya full ASi. Tidak rewel, nyusunya lancar dn tidurnya jga tidak brmasalah. Mhon jawabannya dok. Teimakasih

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Halo, kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Gejala mengedan saat buang air kecil disebut sebagai straining.

Bagaimana dengan kondisi urin bayi Anda ? Apakah jumlahnya sedikit-sedikit ? Apakah terdapat demam ?

Straining serta keluarnya kencing sedikit-sedikit, adalah gejala infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih (ISK) menyebabkan keluhan sering BAK (buang air kecil), nyeri, sedikit-sedikit, rasa tidak lampias (rasa ada sisa setelah kencing), bisa disertai dengan perubahan warna kencing menjadi keruh atau kemerahan. Infeksi saluran kemih dapat pula disertai dengan penyakit batu saluran kencing. Faktor risiko terjadi infeksi saluran kemih adalah minum sedikit, higienitas yang buruk, sering menahan BAK, dan hubungan seksual yang tidak sehat. ISK lebih mudah terjadi pada wanita karena wanita daripada pria. Secara umum, penyakit ini tidak menular.

Melihat kondisi bayi Anda yang menggunakan pampers kemungkinan akibat dari higienitas yang kurang.

ISK umumnya disebabkan oleh bakteri dan terbagi menjadi dua macam;

ISK atas: gejala berupa demam, menggigil, nyeri perut, nyeri pinggang, terkadang terasa ingin muntah. Radang / infeksi terdapat pada ginjal.

ISK bawah: gejala berupa sakit di perut bagian bawah (di atas tulang kemaluan), kencing sakit terutama pada akhir kencing, anyang-anyangan atau kencing tidak tuntas dan rasa masih ingin kencing lagi, walaupun bila dicoba untuk berkemih tidak ada air kemih yang keluar, sering berkemih, dan demam jika sudah berlanjut. Radang terdapat pada kandung kemih atau saluran kemih.

Namun, infeksi saluran kemih juga dapat timbul tanpa gejala dan baru terdeteksi dari hasil urinalisis. Hasil ini pun tergantung cara penampungan sampel urin. Untuk memastikan masih adanya infeksi saluran kemih, dapat dilakukan pemeriksaan kultur urin.

Sebaiknya konsultasikan keluhan Anda ke dokter spesialis anak untuk wawancara lebihd detail dan pemeriksaan fisik secara langsung sehingga mendapatkan diagnosa dan tatalaksana selanjutnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga Bermanfaat.

Salam Sehat

1 Komentar

  • rika wahyuni

    Wrn urinnya normal dok, BAKnya juga bnyak tdk sdkt2, juga tnpa d sertai demam. Tidak setiap mau pipis dy mngejan. Saya sllu mengganti pampersnya setiap 3_4 jm sekali. Krna akhr2 ini sy perhatikan dia mengejan maka siang hr tdk saya gunakan.