Sukses

Sakit Maag dan GERD

15 Jun 2017, 13:03 WIB
Wanita, 13 tahun.

Dok saya suka pusing berat , ingin pingsan , mual , sesak nafas , dan jika magh saya kambuh dan saya makan perut saya akan sakit sekali .

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima Kasih telah bertanya  menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Halo, kami mengerti kekhawatiran Anda.

Dari keluhan Anda, sepertinya Anda menderita sakit maag dengan GERD.

Penyakit maag adalah ganguan pada lambung dimana terjadi peningkatan asam lambung. Maag itu sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi kuman H.Pylori, stres, sering telat makan dsb. Penyebab-penyebab itu dapat menyebabkan ulkus (luka pada lambung) yang dapat menyebabkan gangguan pada dinding lambung yang lama.

Gastro esophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan. Gejala GERD hampir sama dengan sakit lambung. Gejala khusus GERD yang mudah dibedakan dari sakit lambung adalah: rasa seperti terbakar di bagian belakang tulang dada dan cairan lambung yang naik tidak hanya sampai ke kerongkongan, tetapi juga hingga ke mulut sehingga dapat terasa asam pada bagian belakang mulut. GEjala sampingan peningkatan asam lambung adalah nyeri ulu hati, kembung, sering bersendawa, mual dll..

Hingga saat ini, pengobatan yang dianjurkan untuk mengatasi GERD adalah dengan obat-obatan golongan proton pump inhibitor, seperti omeprazole, lansoprazole, dll. Obat ini dapat diminum 1x/hari, 30 menit sebelum makan. Obat ini dapat dikonsumsi selama 1-2 minggu dan dilihat respon yang terjadi. Pengobatan dikatakan berhasil jika terdapat perbaikan gejala, meskipun belum sembuh total. Penyakit ini dapat dikontrol agar tidak sering kambuh.

Selain obat-obatan Anda juga ahrus mengubah pola hidup Anda.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah :
1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.
3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari
4. Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)
5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)
6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Jika dengan perubahan pola hidup masih tetap tidak memberikan hasil, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan dan penanganan dengan tepat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar