Sukses

Irama SIrkadian

15 Jun 2017, 12:55 WIB
Pria, 20 tahun.

Siang dok, saya ingin bertanya tentang mitos tidur di pagi hari dan di sore hari akan menimbun penyait/dapat dikatakan tidak baik, bisakah dokter jelaskan mengapa jika ditinjau dari ilmu kedokteran, dan bisakah dokter sertakan pustakanya sehingga saya bisa membaca textbook tersebut terima kasih

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter.

Umumnya pola tidur manusia yang baik adalah mengikuti jam biologis tubuh, yaitu beristirahat dimalam hari, dan beraktivitas di pagi hingga sore hari. Kondisi ini disebut sebagai irama sirkardian.

Manusia, seperti juga hewan dan tanaman memiliki ritme biologis yang dikenal dengan nama irama sirkadian yang dikontrol oleh jam biologis dan berlangsung selama 24 jam dari awal hingga selesai. Irama sirkadian dikontrol oleh suprachiasmatic nucleus (SCN) yang merupakan bagian dari hipotalamus.

Irama sirkadian akan mengatur waktu tidur dan bangun, produksi urin, termoregulasi, sistim endokrin, dan perubahan tekanan darah. Petanda di dalam tubuh mamalia untuk irama sirkadian adalah sekresi melatonin dan temperatur inti tubuh.

Berdasarkan waktu sirkadian, kondisi mengantuk tidak akan semakin meningkat setelah lewat dari waktunya. Keinginan dan kemampuan seseorang untuk jatuh tertidur dipengaruhi oleh rentang waktu sejak orang tersebut bangun dari tidur yang adekuat dan dari ritme internal sirkadian. Karena itulah tubuh mampu untuk jatuh tertidur dan tetap terbangun pada waktu yang berbeda setiap harinya.

Seseorang dengan irama sirkadian normal akan mampu untuk bangun di pagi hari pada waktu yang sama bila mereka mau, tidur di malam hari secukupnya, dan menyesuaikan diri dengan pola tidur sesuai kebutuhan.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar