Sukses

Flek dan Kram Perut Saat Hamil Muda

15 Jun 2017, 05:19 WIB
Pria, 22 tahun.

Mlam dok...sya mau tanya..sya hamil 2bln lebih 6hri,perut sering terasa kram bgian perut bawah...dan sring trasa sakit smpai pinggang blakang...prnah mngeluarkan flek brwarna pink dan prnah jg 4 hri berturut" mngeluarkan darah di sertai kram di bagian perut bawah..tlong pencerahan nya dok..terimakasih

Terimakasih telah bertanya seputar flek dan kram perut saat hamil muda melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Flek saat hamil muda

Flek-flek (spotting) saat hamil dialami oleh 20% wanita hamil selama 12 minggu pertama kehamilannya. Spotting biasanya hanya berlangsung singkat dengan darah yang berwarna merah hingga kecoklatan.

Flek-flek saat hamil muda memang sering membuat panik, tetapi Anda tidak perlu cemas sebab sebagian besar wanita hamil yang mengalaminya tetap dapat melahirkan bayi yang sehat.

Perlu dibedakan antara spotting dengan perdarahan. Spotting adalah perdarahan ringan yang umumnya terjadi pada trimester pertama. Sedangkan perdarahan lebih berat, menyerupai darah haid pada hari-hari pertama. Jika ini yang terjadi, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter.

Spotting pada kehamilan usia 5-6 minggu bisa terjadi pasca hubungan intim, akibat polip serviks, perubahan hormon, atau infeksi. Jika perdarahan lebih berat dan disertai oleh nyeri perut/kram dapat merupakan tanda adanya perdarahan dari plasenta, keguguran, atau kehamilan ektopik (di luar kandungan).

Namun demikian, bila Anda mengalami perdarahan ulang, segera periksakan diri kepada dokter kandungan Anda. Perlu dicari lebih lanjut penyebab yang mendasari. Tetapi, bila dari hasil USG tidak ada masalah dan pertumbuhan janin baik, tidak ada yang perlu dicemaskan.

Baca juga: Flek di Awal Kehamilan, Normal atau Bahaya?

Kram perut saat hamil muda

Ketika hamil, janin akan berkembang di dalam rahim Anda, sehingga rahim melebar dan jaringan ikat di sekitarnya mungkin dapat mengalami kontraksi. Hal inilah yang menimbulkan kram perut saat hamil. Biasanya kram perut akan bertambah saat Anda bersin, batuk, atau terjadi perubahan posisi.

Kram perut pada saat hamil muda merupakan kondisi yang normal dialami. Namun, ada beberapa ciri kram perut yang perlu diperhatikan karena berbahaya. Penyebabnya antara lain:

  • Kehamilan ektopik. Ini terjadi ketika kehamilan terjadi di luar rahim atau kandungan. Gejala yang dapat muncul adalah nyeri hebat pada salah satu sisi perut bagian bawah yang disertai dengan flek-flek. Kehamilan ektopik dapat membahayakan ibu dan janin sehingga kehamilan harus diakhiri dengan cara menggugurkannya.
  • Keguguran. Nyeri atau kram perut hebat jauh lebih nyeri dari nyeri saat haid yang disertai oleh flek-flek maupun perdarahan atau bahkan bergumpal-gumpal merupakan tanda keguguran. 
  • Proses implantasi. Saat janin menempelkan dirinya ke dalam rahim, Anda dapat merasa nyeri. biasanya nyeri dirasakan hingga usia 6 minggu.
  • Gangguan pencernaan. meningkatknya kadar progesteron dan estrogen dalam darah menyebabkan pergerakan usus menjadi lambat sehingga perut dapat terasa penuh dan kembung.

Bila Anda merasa cemas dan keluhan terjadi terus-menerus sebaiknya berkonsultasilah langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara detail dan diketahui penyebabnya.

Untuk saat ini tidurlah dengan posisi miring ke kiri. Berbaring miring ke kiri dengan kedua atau salah lutut tertekuk pada ibu hamil membantu aliran darah ke janin dan tubuh ibu hamil lebih lancar. 

Informasi kehamilan dari minggu ke minggu beserta tipsnya dapat Anda akses pula di Kalender Kehamilan kami.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar flek dan kram perut saat hamil muda. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar