Sukses

Benjolan di Ketiak

15 Jun 2017, 11:03 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok, mau nanyak, Maaf sebelumnya jika pertanyaan saya jorok, kok di ketiak saya tiba-tiba keluar benjolat yang sakit, setelah beberapa hari kemudian benjolan tersebut pecah dan mengeluarkan nanah, dan sampi sekarang bekas benjolan tersebut masih tetap merah dan sangat-sangat perih apabila dipegang Apa solusinya buat benjolan tersebut dom?

Terima kasih telah bertanya tentang benjolan di ketiak melalui fitur Tanya Dokter.

Penyebab tersering timbulnya benjolan di daerah ketiak adalah akibat adanya pembesaran kelenjar getah bening (KGB). Pembesaran KGB ini dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah limfadenopati. KGB sendiri adalah salah satu komponen pertahanan tubuh, yang akan membesar bila ada serangan kuman dari luar, misalnya akibat adanya proses infeksi dari organ-organ disekitarnya ataupun adanya infeksi sistemik dalam tubuh. Kebanyakan pembesaran kelenjar getah bening tidak berbahaya (jinak) dan hanya sebagian kecil pembesaran yang tidak dapat dijelaskan sebabnya merupakan keganasan (kanker). Pembesaran kelenjar getah bening ini dapat berbahaya bila dikuti dengan tanda-tanda keganasan seperti berat badan turun, benjolan bertambah besar dengan cepat, penyebaran kanker dari tempat lain, umur lebih dari 50 tahun dan adanya riwayat keganasan dalam keluarga.

Kemungkinan lain dari benjolan di ketiak yang Anda alami adalah folikulitis. Folikullitis adalah peradangan pada kelenjar folikel rambut. Untuk mengobatinya dapat menggunakan salep antibiotik, obat anti radang dan menjaga kebersihan ketiak.Hindari memencet benjolan tersebut karena dapat berisiko menyebabkan infeksi.

Namun untuk memastikan , kami sarankan anda berkonsultasi dengna dokter spesialis kulit dan kelamin karena keterbatasan kami dalam memeriksa anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang benjolan di ketiak. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar