Sukses

Keputihan Dan Telat Mens Dengan Sindroma Premenstruasi

14 Jun 2017, 22:14 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok, saya biasanya menstruasi sekitar tanggal 26-3 meskipun beberapa kali jadwalnya tidak teratur. Namun kali ini disertai tanda yang tidak biasa, pada saat menjelang mens saya mengalami gejala yg biasa sy alami sblm mens (nyeri, lemas, dll) namun gejala ini tdk berhenti smpai saat ini dan sy juga blm kunjung mens. Ditambah lagi, puting sy beberapa hari lalu mengeras dan hingga kini terasa sakit, terlebih itu sy mengalami keputihan yg berbau dan gatal selama sebulan lebih.. (Saya juga memiliki tumor jinak di payudara yg sdh sy ketahui slm satu terakhir).. Sebenarnya keadaan tubuh sy mengindikasikan penyakit atau situasi macam apa ya Dok? Trims.

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Siklus haid umumnya dihitung dengan menghitung dari hari pertama haid sampai hari pertama haid berikutnya. Normalnya siklus haid seorang wanita berlangsung setiap 21-35 hari selama 3-7 hari dengan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari.

Penyebab Terlambat Haid

Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • Malnutrisi (kurang gizi)
  • Stres psikologis
  • Atlet
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid
  • Dan lain sebagainya

Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Bagaimana dengan siklus menstruasi Anda ?

Sindroma Premenstruasi

Gejala nyeri perut dan gangguan mood ketika akan menstruasi adalah gejala dari Sindroma Premenstruasi atau lebih dikenal dengan PMS.

Sindroma premenstruasi adalah gejala yang merupakan kombinasi dari fisikal distress, psikologikal, dan atau perubahan tingkah laku dimana gejala tersebut sangat parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa penelitian membuktikan bahwa terdapat hubungan antara hormon estrogen dengan sindroma premenstruasi. Penurunan kadar hormon estrogen ketika sedang menstruasi menyebabkan gejala tersebut muncul.

Gejala tipikal PMS muncul sekitar 2 minggu sebelum waktu menstruasi berikutnya, semakin memburuk seiring dengan dekatnya waktu menstruasi, dan membaik setelah menstruasi. Hal tersebut wajar terjadi dan tidak berbahaya.

Yang dapat anda lakukan adalah modifikasi gaya hidup dengan nutrisi seimbang dan olahraga teratur untuk melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Jika nyeri sangat mengganggu Anda dapat mengkonsumsi obat anti nyeri atau mengunjungi dokter untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut.

Keputihan

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit. Anda harus segera mendapatkan pengobatan untuk keputihan yang Anda alami.

 

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter kebidanan dan kandungan untuk dilakukan wawancara detail dan pemeriksaan fisik secara langsung sehingga Anda mendapatkan tatalaksana yang tepat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

 

0 Komentar

Belum ada komentar