Sukses

Agar Pipi Tidak Kempot

15 Jun 2017, 04:58 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok saya ingin bertanya? Umur saya 18 tapi pipi saya kok kempot ya udah kaya umur 26 tahun waktu SMP pipi saya tidak kempot setelah saya merokok aktif sejak SMP pipi saya menjadi kempot dan tubuh saya kurus ini yang saya alami dok kurang percaya diri. saya harus gimana ? Saya ingin kaya dulu lagi sedikit gemuk dan pipi tidak kempot

Terimakasih telah bertanya tentang pipi kempot melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran anda.

Pipi adalah salah satu area tubuh yang utamanya terdiri dari jaringan lemak. Bila Anda mengalami stres dan kurang tidur, maka jaringan lemak akan menipis (jaringan lemak seluruh tubuh, salah satunya area pipi). Apalagi bila Anda merokok dan makan tidak teratur atau porsi makan berkurang. Agar pipi anda berisi kembali, tidak peyot atau kempot, anda harus meningkatkan asupan makan (tentunya tidak berlebihan). Selain itu anda harus berusaha mengatasi stres dan mencukupkan istirahat. 

Berikut ini adalah beberapa saran sehat untuk meningkatkan berat badan Anda:

  1. Makan lebih sering. Pada saat Anda masih underweight, akan cenderung cepat kenyang. Karena itu, makanlah lebih sering 5-6x sehari dengan porsi kecil dibandingkan makan dengan porsi besar 2-3x sehari.
  2. Pilih karbohidrat yang kaya nutrisi. Pilih roti gandum yang kaya vitamin B dan sereal/biji-bijian seperti oatmeal/havermut, banyak makan buah dan sayur.
  3. Makan banyak sumber protein. Sumber protein seperti daging merah, ayam, ikan, telur,  dairy products seperti keju dan susu full cream, serta kacang-kacangan. Produk suplemen yang mengandung protein whey juga dapat membantu.
  4. Minumlah smoothies/shakes/yoghurt (dari susu/buah). Hindari konsumsi minuman kemasan yang tinggi kalori namun tidak ada kandungan gizinya.
  5. Jangan minum air putih sebelum makan. Bagi sebagian orang, minum air putih sebelum makan akan mengurangi rasa lapar sehingga makan lebih sedikit.
  6. Perbanyak snack berkalori tinggi. Snack yang dianjurkan seperti keju, buah-buah berkalori tinggi (alpukat, pisang, mangga), ubi manis, roti dengan selai, yoghurt.
  7. Tetap batasi konsumsi gula tambahan dan lemak. Sekalipun Anda underweight, tetap batasi konsumsi gula tambahan dari gula pasir, minuman kemasan dan makanan siap saji lainnya.
  8. Makanlah protein terlebih dahulu sedangkan sayur terakhir. Jika terdapat berbagai jenis makanan di piring Anda, makan terlebih dahulu yang padat kalori dan tinggi protein. Makanlah sayur terakhir, sebab sayur membuat Anda cepat kenyang.
  9. Suplemen kreatin. Konsumsi suplemen yang berisi kreatin monohidrat dapat membantu Anda meningkatkan BB. Perlu diperhatikan agar konsumsi suplemen ini tidak berlebihan supaya tidak membebani hati dan ginjal Anda.
  10. Olahraga. Olahraga jenis strength training, akan membantu meningkatkan BB Anda, dengan membentuk otot. Olahraga juga akan meningkatkan nafsu makan Anda.
  11. Pastikan tidur Anda berkualitas. Kualitas tidur yang baik sangat penting untuk pertumbuhan otot Anda.
  12. Jangan merokok. Perokok cenderung memiliki BB yang lebih kurang daripada bukan perokok. Berhenti merokok juga berhubungan dengan peningkatan BB.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar pipi kempot. Semoga bermanfaat. (FA)

 

0 Komentar

Belum ada komentar