Sukses

Temulawak untuk Hepatitis B

15 Jun 2017, 04:58 WIB
Pria, 28 tahun.

Dok saya mau txa sekitar 2thn silm saya positif kena hepatitis B.cmn sektr 1thn pexakit saya kta dokter udh gak prah tpi knpa sampek sekarang liver saya kok sakit trus trusan mlh sya kon sumsi temulawak sama kunir putih jdi kll gak minum itu slama 1minggu pasti prut saya yang seblh knan sakit.yang mau aq txakn boleh gak konsumsi jmu tersebut trus2 san.trima ksh

Terima kasih telah bertanya tentang temulawak dan hepatitis melalui fitur Tanya Dokter.

Temulawak (curcuma javanica) atau populer dengan sebutan curcuma merupakan tanaman obat asli Indonesia yang sejak zaman nenek moyang sudah dikenal memiliki banyak khasiat kesehatan. Beberapa penelitian telah menunjukan khasiat temulawak dalam menurunkan kadar SGOT dan SGPT (enzim penanda kerusakan hati), baik pada penderita hepatitis maupun non hepatitis.

Anda boleh saja mengkonsumsi minuman tradisional temulawak asal tidak mengandung bahan pengawet atau tambahan zat berbahaya apapun, dan pilihlah air sarinya sedangkan sisa endapan dibuang. Namun yang terpenting adalah lakukan kontrol teratur kepada dokter spesialis penyakit dalam untuk mengevaluasi kondisi terkini dari penyakit Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar temulawan dan hepatitis. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar