Sukses

Sulit Hamil Pasca Keguguran

15 Jun 2017, 04:29 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok saya wanita yang sudah menikah di usia 6 bulan pernikahan saya hamil dok tapi tidak bertahan lama hanya 2bulan dan keguguran saya ketika pendarahan saya tidak ke rs dok stlah saya ke rs di beritahu bahwa rahim saya sudah bersih hanya tinggal sisa" yg keluar seperti darah yg coklat saya tidak melakukan kuret dok.. skrng usia pernikahan saya sudah jalan 4 tahun tapi saya belum hamil lagi kenapa ia dok? Mohon bantuan nya.terima kasih

Terimakasih telah bertanya seputar infertilitas melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Yang Anda alami disebut dengan infertilitas sekunder, yaitu belum hamil setelah 1 tahun melakukan hubungan intim yang rutin dalam frekuensi 2-3 kali/minggu, dan pernah hamil sebelumnya.

Penyebab infertilitas sekunder bisa dari faktor pria maupun wanita.

Pada pria, infertilitas disebabkan oleh:

  • Kondisi dimana jumlah, bentuk, dan pergerakan sperma menjadi buruk (varikokel, paparan toksin dan bahan kimia, paparan radiasi)

  • Kondisi dimana sperma tidak dapat dikeluarkan (ejakulasi dini, sumbatan saluran semen)

Sedangkan pada wanita:

  • Kelainan ovulasi (produksi sel telur)

  • Kelainan rahim (kanker, endometriosis, mioma, perlekatan rahim ke organ dalam perut)

  • Sumbatan saluran telur

  • Tidak normalnya jumlah lendir vagina akibat pengaruh hormon sehingga dapat mengganggu perjalanan sperma untuk bertemu sel telur

Untuk menentukan penyebab infertilitas, diperlukan pemeriksaan baik pada pria maupun wanita. Pada pria dapat dilakukan pemeriksaan analisis sperma. Sedangkan pada wanita dapat dilakukan antara lain USG, HSG (Histerosalpingografi) untuk menentukan ada tidaknya sumbatan saluran telur, analisis hormon, dan laparoskopi (teknik melihat ke dalam perut tanpa tindakan pembedahan besar).

Bila Anda ingin hamil kembali, kami sarankan untuk memeriksakan diri dan pasangan ke dokter kandungan konsultan fertilitas (SpOG-KFER).

Baca juga: 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar infertilitas. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar