Sukses

Haid Hanya Sehari, Pertanda Hamilkah?

15 Jun 2017, 03:57 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok,mau tanya,knp pcr saya hari ini haid cuma 1 hari?sblmnya saya brhbgn bdn , sblm dia haid,,harusnya dia haid tgl 4 kmrn,tgl 4 itu saya brhbgn lgi,dan dia telat,,tpi hari ini dia haid tpi sehari?apakah itu tanda hamil,,trma ksih dok

Terimakasih telah bertanya tentang tanda hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Apakah sudah pernah melakukan test pack sebelumnya? Untuk melihat apakah pacar Anda hamil atau tidak mudah caranya, cukup lakukan test pack. Bila memang hamil, test pack akan positif.

Di samping itu, terdapat tanda-tanda kehamilan yang terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  • Sering berkemih
  • Pembesaran dan nyeri payudara
  • Mual
  • Perasaan lelah
  • Daerah sekitar puting susu menghitam
  • Peningkatan suhu tubuh
  • Flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim, keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  • Terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  • Terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi (pemeriksaan dokter)
  • Terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Haid yang hanya sehari, bila hanya flek-flek saja, bisa merupakan perdarahan implantasi bila memang hamil. Ini terjadi ketika embrio (bakal janin), menempel ke dinding rahim dan menyebabkan 'luka' sehingga dinding rahim berdarah. Perdarahan saat implantasi ini biasanya terjadi 1 minggu sebelum siklus haid berikutnya dimulai. Apabila memang terjadi pertemuan antara sperma dan ovum, perdarahan ini terjadi pada hari ke-6 hingga ke-14 setelah pembuahan (hubungan intim).

Perdarahan implantasi ini hanya berupa flek atau spotting yang berwarna merah muda atau kecoklatan, bukan merah gelap seperti darah haid. Darah ini juga tidak makin banyak, dan akan menghilang dalam hitungan jam atau hingga 2-3 hari kemudian. Perdarahan ini bisa disertai keluhan kram perut bawah.

Selengkapnya dapat Anda baca di sini: Flek di Awal Kehamilan, Normal atau Bahaya?.

Kami sarankan agar pacar Anda melakukan test pack terlebih dulu. Bila memang hamil, segera konsultasikan dengan dokter kebidanan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

2 Komentar

  • Yul*

    Halo selamat siang dokter saya mwu bertanya kenapa sulit sekali untuk punya ank kedua umur saya udh 33 suami 32 ank saya udh umur 10 tahun lepas suntik kb udah 6 tahun apa mungkin saya bisa hamil lgi dok tetapi saya sering bnget keputihan itu gpp terus carany biar cepat hamil ank kedua gimn y dokter

  • Tit*

    Halo dokter.. Saya mau tanya dok siklus haid saya selalu maju 7 hari dan selalu teratur, saya 4 hari haid trs masa subur nah di hari ke 11 dr pertama haid saya ada perdarahan sedkit banyak dan berlangsung smpai 2hr ini hanya flek flek merah atau kecoklatan.. Dan ada rasa kram perut bawah sbelah kanan suka sesekali muncul itu kenapa ya dok??