Sukses

Penanganan Pecandu Obat

15 Jun 2017, 03:57 WIB
Pria, 25 tahun.

Adakah obt alami untuk pecandu obat

Terimakasih telah bertanya tentang penanganan pecandu obat melalui fitur Tanya Dokter.

Pada prinsipnya, segala jenis kecanduan tidak bisa hanya diterapi dengan obat. Obat-obatan biasanya berfungsi mengatur zat-zat kimia dalam otak agar tubuh tidak lagi 'craving' terhadap hal-hal yang membuat candu. Yang lebih penting daripada obat-obatan tersebut adalah terapi perilaku. 

Hingga kini pun belum ada obat herbal yang dianggap aman dan valid untuk menangani kecanduan.

Kecanduan terhadap obat-obatan (narkoba) dapat disembuhkan. Secara umum, berikut tahapan terapi yang dilakukan:

  1. Tahap rehabilitasi medis (detoksifikasi). Pada tahap ini pecandu diperiksa seluruh kesehatannya baik fisik dan mental oleh dokter terlatih. Dokterlah yang memutuskan apakah pecandu perlu diberikan obat tertentu untuk mengurangi gejala putus zat (sakau) yang ia derita. Pemberian obat tergantung dari jenis narkoba dan berat ringannya gejala putus zat.
  2. Tahap rehabilitasi nonmedis. Pada tahap ini pecandu ikut dalam program rehabilitasi. Di tempat rehabilitasi ini, pecandu menjalani berbagai program diantaranya program therapeutic communities (TC), 12 steps (dua belas langkah, pendekatan keagamaan, dan lain-lain.
  3. Tahap setelah rehabilitasi. Pada tahap ini pecandu diberikan kegiatan sesuai dengan minat dan bakat untuk mengisi kegiatan sehari-hari, pecandu dapat kembali ke sekolah atau tempat kerja namun tetap berada di bawah pengawasan.

Untuk setiap tahapan rehabilitasi diperlukan pengawasan dan evaluasi secara terus menerus terhadap proses pemulihan seorang pecandu.

Oleh karena itu kami sarankan agar Anda melakukan konsultasi dengan dokter agar dapat mendapatkan terapi yang optimal. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar penanganan pecandu obat. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar