Sukses

Perawatan Luka Infeksi Bekas Operasi

15 Jun 2017, 03:09 WIB
Wanita, 26 tahun.

selamat malam dok, nama saya ayu indra. saya seorang caddy golf course yang pekerjaannya lumayan berat untuk fisik saya, tgl 27 mei 2017 saya operasi tumor jinak payudara sebelah kanan,2 minggu luka saya tidak boleh terkenair dan boleh tetap bekerja sebagai caddy golf krn kata dia ini hanya operasi kecil, bekerjalah saya seperti biasa walaupun masih agak nyeri pada luka operasi saya pikir ini hanya proses penyembuhan jadi nyeri. setelah 2 minggu operasi dokter yg mengoperasi saya bilang, saya boleh mandi seperti biasa tetapi kenapa ada nanah yah sedikit pada jahitan saya? dan seperti ada bolongan setitik jarum pada luka yang bernanah dan ada benang yg terlepas akhirnya saya memutuskan kembali ke dokter yg mengoperasi saya, di gunting lah benang yg lepas itu sana dokternya tapi tidak dijahit lg sama dia, hanya di beri salep atau obat oles saya tidak tahu apa lalu di tutup kassa lg dan dia bilang jangan terkena air 1 minggu dan saya hanya diberi 1 obat yaitu antibiotik utk diminum dan diberi resep obat salep pasca operasi tapi dipakainya nanti 3 minggu lagi, jadi saya hanya minum obat antibiotik dan tidak boleh kena air. apakah benar begitu dok? atau harus ada tindakan lain yang sata harus lakukan untuk mempercepat penanganan pada luka jahitan saya? terimakasih dok.

Terima kasih telah bertanya tentang Perawatan Luka Infeksi Bekas Operasi menggunakan Fitur Tanya dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Luka operasi memang perlu dirawat dengan baik. Waktu penyembuhan luka yang diperlukan setelah operasi bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka operasi dapat memakan waktu selama kurang lebih 6 minggu.

Untuk mendukung proses penyembuhan luka operasi, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka operasi agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Basah/ lembab merupakan 'musuh' dari penyembuhan luka bekas operasi. Kondisi basah/ lembab menjadi sarang bertumbuhnya kuman yang bisa menyebabkan peradangan dan menunda penyembuhan luka bekas operasi. Kemungkinan utama penyebab keluarnya nanah dan darah luka pasca jahitan dan luka yang terlihat basah yang Anda alami adalah hal ini. Cara terbaik adalah mengganti perban/ kassa pembungkus tiap kali basah akibat keringat/ air mandi, yang terpenting adalah menjaga luka tetap kering.

Bekas luka yang basah menandakan telah terjadi infeksi luka, terutama bila telah keluar nanah dari luka tersebut. Untuk perawatannya yaitu berikan salep antibiotik, selalu ganti kain kasa pembungkus saat telah basah, dan jangan sampai luka basah saat mandi. Lebih baik Anda meminta bantuan dokter/ tenaga kesehatan untuk merawat luka tersebut.

Namun sekali lagi kami tidak melakukan pemeriksaan terhadap kondisi pasca operasi Anda. Bila dokter yang merawat Anda mengatakan hal tersebut tidak berbahaya maka Anda tidak perlu khawatir. Yang perlu Anda perhatikan adalah perawatan luka di rumah dan lakukan semua saran Dokter Anda.

Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembab yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x/hari. Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru.

Demikian informasi tentang Perawatan Luka Infeksi Bekas Operasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar