Sukses

Penderita Diabetes Melits (?? dan Air Tebu
14 Jun 2017, 22:14 WIB
Pria, 56 tahun.

Dok! Apakah penderta diabetes boleh mengkosumsi air tebu? Apa dengan minum air tebu dapat menurunkan kadar gula darah? Terima kasih sebelumnya dok!

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah mengunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter.

Halo, kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Penyandang Diabetes tetap dianjurkan untuk makan, Terdapat beberapa cara menurunkan gula darah, yaitu dengan pola hidup sehat dan berolah raga.


Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan hiperglikemia ( kadar gula tinggi dalam darah). Keadaan hiperglikemia ini disebabkan karena kurangnya produksi hormon insulin (diabetes mellitus tipe 1- faktor genetik, diderita sejak kecil) atau kurang sensitifnya jaringan tubuh terhadap insulin (diabetes melitus jenis 2-baru diderita pada masa dewasa akibat menjalani gaya hidup yang kurang sehat-berat badan berlebih, merokok,dll). Hormon insulin berfungsi untuk mengangkut gula yang ada di dalam darah untuk digunakan oleh sel-sel tubuh. Kekurangan hormon insulin atau kurang sensitifnya jaringan tubuh terhadap hormon insulin dapat mengganggu distribusi gula ke dalam sel-sel tubuh.

Tujuan dari pengobatan diabetes adalah dengan mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Jika gula darah tidak stabil atau bahkan cenderung meningkat, dapat mengakibatkan komplikasi mulai dari risiko terkena penyakit jantung, stroke, gagal ginjal hingga pada seluruh organ tubuh.

Jenis pengobatannya pun tergantung dari kadar gula darah Anda dan perjalanan penyakit pada Anda. Pengobatan mulai dari hanya menjaga pola makan dan gaya hidup, obat diabetes oral (tablet), hingga insulin.  Kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam.

Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang pemanis:

Gula adalah sumber karbohidrat alami. Gula mengandung kalori dan dapat meningkatkan kadar gula darah; dapat ditemukan pada: gula merah, gula pasir, gula tebu, fruktosa (pada buah - buahan), dan madu.
Pemanis yang kalorinya dikurangi adalah gula alkohol. Jenis pemanis ini memiliki kadar kalori setengah dari kadar gula dan dapat meningkatkan kadar gula darah, meskipun tidak setinggi karbohidrat lain.
Pemanis rendah kalori adalah pemanis buatan. Pemanis ini tidak memiliki kalori dan tidak meningkatkan kadar gula darah Anda.

Gula tebu merupakan salah satu jenis gula. Bagi Anda penyandang diabetes, sebaiknya konsultasikan hal lebih dahulu dengan dokter Anda

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

 

0 Komentar

Belum ada komentar