Sukses

Bayi Belum BAB 2 minggu

14 Jun 2017, 22:13 WIB
Wanita, 22 tahun.

Baby saya berumur 1bln 1/2 dok, dy susah bab sudah hampir 2mnggu belum bab dok tpi dy belum makan hanya asi saja yg saya kasih, itu bahaya engga ya dok ?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya seputar BAB bayi ASI melalui fitur Tanya Dokter.

Halo, Kami memahami kekhawatiran Anda.

Bayi yang diberi hanya ASI saja, memang ada kalanya menjadi jarang BAB. Terutama di saat-saat sedang mengalami percepatan pertumbuhan (growth spurt). Sebagian besar zat gizi di dalam ASI diserap sehingga sisa yang dikeluarkan hanya sedikit bahkan tidak ada. Frekuensi BAB bisa menjadi 4-5 hari sekali bahkan lebih.  Tidak ada batas waktu yang dapat dijadikan patokan waktu yang normal bagi bayi ASI untuk BAB. Frekuensi buang air besar pada bayi bervariasi, dapat 4 - 10 kali sehari atau sebaliknya, sekali dalam 3 - 14 hari

Yang terpenting, selama bayi aktif, menyusu kuat, pertambahan berat badannya baik, perut tidak teraba tegang, artinya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Jika bayi sulit mingum, muntah-muntah, perut kembung kemungkinan bayi menderita penyakit yang dapat menyebabkan konstipasi pada bayi, diantaranya:

1. Dehidrasi atau kekurangan cairan
2. Mendapat jenis makanan baru, seperti baru mengganti ASI dengan susu formula atau makanan lunak
3. Penyakit yang mendasari: Morbus hirschprung, hipotiroidisme, cystic fibrosis

Sebaiknya Anda membawa bayi Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik lebih lanjut untuk menyingkirkan penyebab lain.

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar BAB bayi ASI.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar