Sukses

Kasus Wajah Asimetris dan Rahang Miring Apakah Harus Bedah Rahang

14 Jun 2017, 17:59 WIB
Wanita, 25 tahun.

Malam dok, Dok saya wanita, 25 tahun. Saya mempunyai masalah pada gigi yg sedikit kurang rata aja di bagian depan atas tapi ketika saya ambil foto di kamera yang tidak ada efek mirrornya wajah saya terlihat asimetris dagu saya cenderung lebih ke arah kiri begitu juga mulut saya. Sehingga antara hidung, mulut dan dagu kalau di tarik garis lurus tidaklah simetris. Dengan kasus saya ini apakah saya harus melakukan bedah rahang atau cukup dengan pakai behel aja y dok? Mohon advisenya, trmkhs dok

Terimakasih telah bertanya seputar kasus wajah asimetris dan rahang miring apakah harus bedah rahang melalui fitur Tanya Dokter.

Kondisi rahang yang miring biasanya diikuti dengan gangguan pada susunan gigi atau oklusi gigi. Perawatan yang bertujuan untuk mengatasi masalah gigi dengan kelainan posisi atau maloklusi ini adalah perawatan ortodonti atau kawat gigi dan pada beberapa kasus yang disertai juga dengan kelainan rahang maka perawatan dapat dikombinasikan dengan bedah.

Tujuan utama dari perawatan orthodontik (pemasangan kawat bracket) seperti yang Anda tanyakan tidak semata-mata untuk memperbaiki estetika pasien. Gigi yang posisinya tidak normal/berjejal/gigitan rahang atas dan bawah yang tidak normal dapat berpotensi untuk menimbulkan masalah lain yang lebih berat, oleh karena itu perawatan tersebut bertujuan untuk memperbaiki oklusi atau hubungan gigit antara gigi atas dan bawah, memperbaiki posisi gigi yang tidak normal hingga didapat hubungan gigi geligi yang harmonis di dalam lengkung rahang yang normal, maka dengan sendirinya estetika wajah pasien akan lebih baik daripada sebelum perawatan.

Untuk memastikan perawatan yang terbaik bagi keadaan Anda maka diperlukan pemeriksaan langsung dan juga pemeriksaan penunjang lainnya oleh dokter gigi atau dokter gigi spesialis ortodonti yang lebih kompeten terhadap masalah ini. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai kasus wajah asimetris dan rahang miring apakah harus bedah rahang, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar