Sukses

Gusi Belakang Bengkak Menutupi Gigi dan Tidak Sakit

14 Jun 2017, 17:08 WIB
Pria, 15 tahun.

Dok mau tanya, gusi saya bagian belakang kanan bengkak di bagian dalam, sampai menutupi gigi, tapi tidak sakit. Warnanya juga putih, bukan merah. Bengkaknya keras. Itu kenapa ya dok?

Terimakasih telah bertanya seputar gusi belakang bengkak menutupi gigi dan tidak sakit melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami ingin menanyakan apakah gigi yang tertutupi gusi yang membengkak sudah rusak dan berlubang? Jika iya maka dugaan kami anda mengalami gingiva polip. 

Gingiva polip memiliki karakteristik berupa benjolan warna merah muda yang senada dengan warna jaringan gusi di sekitarnya, tidak mudah berdarah dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Bila terbentuk gingival polip maka penting bagi seorang dokter gigi untuk menentukan dari mana tangkai gingival polip tersebut berasal. Bila tangkai polip berasal dari percabangan akar gigi yang pecah, maka tidak ada tindakan lain yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan gigi tersebut kecuali pencabutan.

Namun, bila tangkai polip berasal dari gusi yang terjulur masuk ke dalam kavitas gigi karena kolapsnya salah satu dinding gigi hingga ketinggiannya setingkat atau bahkan berada di bawah ketinggian gusi, maka dokter dapat mengeliminasi polip tersebut dengan anestesi lokal, kemudian melakukan penambalan gigi dengan membentuk artificial wall bagi dinding gigi yang telah kolaps tersebut.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gusi belakang bengkak menutupi gigi dan tidak sakit, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar