Sukses

Gatal Bernanah Saat Hamil

14 Jun 2017, 14:46 WIB
Wanita, 28 tahun.

Tulis Pertanyaan...penyakit kutu air parah bernanah dan suka keluar cairan bening.bagaimana cara tindakan pengobatannya.?? dari direndam obat PK.betadine.disuntik Ampe obat minum.blm ada hasil. NB: dlm kondisi hamil 6bln

Terimakasih telah mengajukan pertanyaan mengenai gatal bernanah saat hamil melalui fitur Tanya Dokter. 

Keluhan pada kulit saat hamil merupakan hal yang umum terjadi, hal ini dapat disebabkan oleh meningkatnya suplai darah (sirkulasi) ke kulit, perubahan hormonal, ataupun peregangan kulit. Yang perlu diperhatikan adalah apabila gatal-gatal disertai munculnya bentol-bentol pada kulit. Jika disertai bentol, terdapat beberapa kemungkinan diagnosis yang perlu ditelusuri lebih lanjut oleh dokter, karena bisa merupakan keadaan yang abnormal. Umumnya keadaan ini muncul mendekati trimester/triwulan akhir.

Pada trimester akhir, gatal-gatal yang dirasakan memang bisa lebih hebat karena regangan kulit yang makin meningkat, namun jika gatal yang terjadi hebat dan terjadi pada seluruh tubuh, apalagi jika disertai gejala kuning pada kulit atau mata, bisa saja gatal tersebut disebabkan oleh gangguan hati yang terjadi pada kehamilan. Walaupun biasanya baru muncul pada trimester ke-dua atau ke-tiga, pada beberapa orang gejala gatal juga dapat mulai muncul sejak triwulan pertama. Gatal dirasa ldi seluruh tubuh, dan dirasa lebih hebat saat malam hari. 

Jika gatal disertai kelainan pada kulit berupa merah-merah atau berair, ada juga kemungkinan infeksi oleh jamur. Untuk mendapatkan diagnosis pasti dapat dilakukan pemeriksaan dengan mikroskop. Untuk saat ini, ada beberapa hal yang dapat Ibu lakukan untuk mengatasi rasa gatal tersebut. Langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah:

Hindari mandi menggunakan air panas yang dapat menyebabkan kulit kering dan gatal bertambah
Gunakan pelembab (yang tidak ditambahkan wewangian)
Gunakan pakaian yang lebih tipis dan jangan keluar di tenah panas matahari, karena panas dan keringat dapat menyebabkan gatal menghebat.
Jangan menggaruk daerah yang gatal
Jika perlu dapat dioleskan losio calamine (yang dengan tambahan minyak, bukan yang biasa) untuk mengatasi gatal.
Jika belum teratasi juga, Ibu dapat mengkonsumsi obat oral antihistamin untuk meredakan gatal.


Namun karena keluhan kulit yang ibu alami terdapat nanah, ada baiknya Ibu berkonsultasi kembali ke dokter Ibu karena diduga sudah terdapat infeksi kulit, untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan sesuai indikasi.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai gatal bernanah saat hamil. Semoga membantu.

0 Komentar

Belum ada komentar