Sukses

Penanganan Ambliopia

14 Jun 2017, 15:16 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dok..saya mau tanya..anak saya berumur 12 tahun.. mengalami kerusakan pada mata sebelah kiri nya..setelah saya periksakan ke dokter ternyata mata kanan sangat bagus namun yang sebelah kiri sudah tidak bisa di bantu kaca mata karena sudah beberapa kali di ganti lensa tidak ada yang cocok..terus .saya cuma di kasih resep..dan tidak disuruh untuk kontrol lagi.. bagaimana cara mengobati nya dok..mohon dibantu..

Terima kasih telah menanyakan tentang ambliopia.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Apa yang dialami anak Anda dapat merupakan kondisiambliopia.

Mata malas atau dalam bahasa kedokterannya di sebut dengan ambliopia, terjadi karena penurunan ketajaman penglihatan akibat dari rangsangan pada mata yang berkurang. Karena terjadi penurunan ketajaman penglihatan, informasi yang diterima otak menjadi salah. Otak akan memprioritaskan bayangan yang datang dari mata yang sehat dan mengabaikan bayangan dari mata yang lebih lemah atau mata ambliopia.

Hal ini akan memperparah mata yang mengalami ambliopia karena mata tersebut tidak digunakan. Dengan demikian, mata akan selalu berdeviasi dan mata tersebut tidak pernah akan belajar untuk melihat dengan baik, akibat mata tersebut selalu mendapat supresi (penekanan) pada penglihatan.

Ambliopia apabila ditemukan pada kanak-kanak maka dapat diatasi dengan menggunakan patching atau penutup untuk mata yang sehat. Menutup mata yang sehat akan melatih mata malas tersebut untuk bekerja lebih baik dan memperbaiki daya pandang. Pada saat awal, pasien akan merasa tidak nyaman melihat dengan menggunakan mata malas tersebut, seiring berjalannya waktu akan mulai terbiasa dengan sendirinya.

Namun apabila ambliopia ditemukan terlambat, umumnya angka keberhasilan akan sangat rendah. Koreksi gangguan tajam penglihatan dengan menggunakan kacamata dapat bermanfaat pada individu yang memiliki gangguan refraksi di kedua mata.

Jika keluhan dirasa sangat mengganggu sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis mata sehingga penanganan dapat lebih optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang ambliopia. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar