Sukses

Setelah Menggunakan Tretinoin, Kulit Terasa Perih

14 Jun 2017, 15:28 WIB
Pria, 21 tahun.

Selamat malam dok, Saya punya wajah yang mudah sekali berjerawat, pernah memakai krim anti jerawat dengan kandungan clindamycin 10mg/gel, tidak mengalami kendala sampai krim habis. kemudian saya mencoba krim lain yang berkomposisi lain yaitu Tretinoin 0.05%. Memang jerawat berkurang dalam hitungan hari, tetapi wajah saya terasa perih sekali saat berkeringat tetapi tidak timbul bercak merah atau warna apapun di kulit wajah saya, dan selama pemakaian saya mencuci wajah dengan sabun wajah seperti biasa. Adakah kendala serius tentang itu dok? saya sudah menghentikan menggunakan krim Tretinoin 1 hari ini tetapi masih terasa perih di wajah. Terima kasih,

Terima kasih telah bertanya seputar penggunaan tretinoin melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Penggunaan krim yang mengandung tretinoin memang merupakan salah satu terapi yang direkomendasikan untuk kulit berjerawat, tetapi penggunaan bukan tanpa efek samping. Beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan, terutama pada kulit sensitif, adalah kulit kering, mengelupas, terasa kencang, kemerahan, dan perih. Selain itu, jika terkena area mata, bibir, atau sudut hidung, juga dapat menimbulkan keluhan kulit mengelupas, merah, dan perih.

Maka dari itu penggunaan tretinoid harus dicoba dulu pada area kecil dahulu, bila tidak ada efek samping baru dapat dilanjutkan penggunaannya.

Penggunaan tretinoin juga hanya dapat dilakukan pada malam hari, tidak boleh pada siang hari. Ini dikarenakan kulit dengan tretinoid akan menjadi lebih sensitif pada sinar matahari langsung, dan dapat memperparah efek samping. Konsultasikan kepada dokter spesialis kulit mengenai keluhan Anda ini, agar dapat ditangani segera. Untuk diketahui sebaiknya hindari penggunaan obat-obatan tanpa petunjuk dokter.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai penggunaan tretinoin. Semoga bermanfaat.

 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar