Sukses

Haid Tidak Teratur

14 Jun 2017, 13:57 WIB
Wanita, 20 tahun.

Siang dok, dok saya mau bertanya pada tanggal 12 feb 2017 saya menikah dan tgl 10 nya sya di kb suntik yg 1bulan di bulan berikutnya saya tidak melanjutkannya dan beralih ke pil kb tapi hanya di konsumsi skitar 1minggu saja karna permintaan suami yg ingin cepat mndapat momongan. Tetapi haid saya menjadi tidak teratur,bahkan yg bulan april kmarin sampai 3 kali haid dalam sebulan, selanjutnya bulan mei pada akhir bulan haid nya hanya 2hari saja tetapi darah yg keluar sangat banyak sekali. Kenapa ya dok, apa efek kb nya belum hilang atau kah penyakit?

Terimakasih telah bertanya seputar haid tidak teratur melalui fitur Tanya Dokter.

Siklus haid yang normal berkisar antara 21-35 hari. Tidak jarang juga ada yang memiliki siklus haid lebih panjang yaitu 40 hari sehingga bisa tidak haid dalam 1 bulan. Namun, tetap teratur 40 hari sekali.

Haid tidak teratur disebabkan oleh banyak hal. Secara umum, terjadi perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron yang mengganggu pola normal haid Anda. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

-Menggunakan KB spiral (IUD)
-Menggunakan pil KB atau obat-obatan tertentu
-Olahraga yang berlebihan
-Memiliki kondisi sindrom ovarium polikistik (PCOS)
-Sedang hamil atau menyusui
-Stress psikologis
-Gangguan hormon tiroid (Hipertiroid)
-Penebalan dinding rahim atau polip dalam rahim
-Berat badan terlalu berlebih atau terlalu kurus

Umumnya, bila hanya 1 minggu pemakaian pil KB tidak berpengaruh pada siklus haid seorang wanita. Bila kondisi ini terus berlanjut, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan (SpOG).

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait haid tidak teratur. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar