Sukses

Haid Sedikit, Apakah Gejala Menjelang Menopause?

14 Jun 2017, 13:45 WIB
Wanita, 49 tahun.

sy hrs gmn dok nyikapi masa menopose...setelah 3 th terakhir hañya sedikit ...kali ini amat melelahkan sdh lbh dr sebulan ...malah 2 hr terakhir bergumpal...gmn spy berhenti

Terima kasih telah menanyakan tentang gejala menjelang menopause melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya tentu saja harus dievaluasi secara menyeluruh mengenai keluhan lain yang menyertai keluhan utama. Tentu saja pemeriksaan fisik juga harus dilakukan untuk memastikan kondisi saat ini.

Produksi keringat banyak dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah penyakit hormonal, seperti hipertiroid, dan fase perimenopause (fase sebelum menopause). Hipertiroid sendiri tentunya diikuti dengan gejala lain seperti tremor, berdebar-debar, nafsu makan meningkat namun berat badan menurun.
Mungkin apabila melihat hanya produksi keringat berlebih atau wanita merasa selalu kepanasan, hal ini memang mengarah ke gejala hot flashes yaitu gejala memasuki fase menopause akibat kekurangan hormon estrogen dimana wanita akan merasa kepanasan dan selalu berkeringat.

Fase perimenopause memang akan diikuti dengan ketidakteraturan menstruasi dan beberapa gejala lainnya seperti kekeringan pada vagina, perubahan mood, gangguan tidur, dan gejala lainnya. Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai Menopause melalui artikel kami di bawah ini :
https://www.klikdokter.com/illness/detail/23

Apabila memang gejala ini merupakan fase perimenopause, keluhan dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup, seperti makan makanan dengan nutrisi cukup, olahraga teratur, istirahat cukup, tidak stress, dan kalau perlu melakukan terapi hormonal. Untuk lebih lengkapnya Anda dapat membaca artikel yang kami berikan di atas.

Apabila keluhan berlanjut dan semakin mengganggu, silakan berkonsultasi secara langsung ke dokter untuk evaluasi berikutnya.

Demikian informasi kami sampaikan mengenai gejala menjelang menopause, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar