Sukses

Naik Pesawat Saat Hamil Tua

14 Jun 2017, 13:29 WIB
Wanita, 27 tahun.

Begini dok, saya sedang hamil anak ke 2 dengan usia kandungan 30 minggu. Jika hampir 3 minggu lagi saya memutuskan bepergian dengan pesawat terbang dengan durasi terbang satu jam 15 menit, apakah Aman? Adakah hal2 yang harus saya perhatikan agar tetap sehat tanpa kendala? Jarak antara anak pertama dan kedua adalah 26 bulan dengan riwayat sesar akibat hipertensi di usia kehamilan 36 minggu. Terima kasih sebelumnya dok.

Terima kasih telah bertanya seputar menggunakan pesawat terbang pada kehamilan melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya, kami ucapkan selamat atas kehamilan Anda! Semoga kesehatan Ibu dan Bayi selalu baik sampai saat persalinan. Selama kondisi Anda sehat saat hamil dan tidak terdapat komplikasi dalam kehamilan, tidak menjadi masalah jika Anda ingin bepergian dengan menggunakan pesawat terbang. Namun biasanya bepergian dengan menggunakan pesawat terbang akan memperburuk keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil terutama di trimester ketiga, seperti mual-mual, muntah, sakit pinggang akibat duduk terlalu lama, dll. Karena itu sebaiknya Anda sudah mempersiapkan diri dengan obat-obatan dari dokter anda untuk menangani hal-hal tersebut. Anda tidak perlu membawa obat penguat kehamilan jika selama ini kondisi kehamilan Anda sehat.

Selama kondisi kehamilannya baik, ibu hamil tetap dapat bepergian melalui jalan udara. Berhubung Anda pernah mengalami riwayat hipertensi pada kehamilan, maka sebaiknya Anda harus kontrol dulu ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk memastikan kondisi Anda dan kondisi bayi.

Pada ibu hamil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bila mau melakukan penerbangan:

  • Secara umum, usia 4-7 bulan merupakan usia kehamilan yang ideal untuk melakukan penerbangan, tentunya dengan kondisi kehamilan yang sehat dan tidak bermasalah. Usia kehamilan terbaik untuk melakukan perjalanan udara adalah selama kehamilan trimester kedua sebelum usia kehamilan 35 minggu (untuk penerbangan internasional) atau sebelum usia kehamilan 36 minggu (untuk penerbangan domestik). Hal ini dilakukan mengingat terdapat peningkatan risiko terjadinya keguguran pada ibu hamil trimester pertama dan risiko kelahiran dalam pesawat pada ibu hamil trimester ketiga.
  • Hindari perjalanan udara yang lama dan terlalu sering terkait peningkatan risiko keguguran pada ibu hamil dengan jam penerbangan rata-rata 74 jam selama satu bulannya.
  • Hindari bepergian ke daerah-daerah endemis yang memerlukan tindakan imunisasi.
  • Usahakanlah untuk membawa makanan dan minuman Anda sendiri untuk menjaga kecukupan kebutuhan nutrisi Anda.
  • Banyak mengonsumsi air putih sebelum, selama, dan setelah perjalanan untuk menghindari dehidrasi.
  • Cobalah menempatkan diri Anda dalam posisi yang nyaman di mana Anda dapat meluruskan kedua kaki Anda, serta keluar-masuk pesawat atau toilet dengan mudah.
  • Gunakanlah alas kaki yang nyaman dan terbuka. Tinggikan tungkai Anda dan berjalan sesering mungkin selama perjalanan untuk mengurangi risiko pembengkakan. 

Yang terpenting adalah Anda sebaiknya mendiskusikan penerbangan Anda dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda untuk memastikan kondisi Anda dan mendiskusikan kapan sebaiknya Anda melakukan penerbangan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai pesawat terbang pada kehamilan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar