Sukses

Usia 3 Tahun Gigi Tetap Sudah Tumbuh TapiGigi Susu Belum Tanggal

14 Jun 2017, 12:38 WIB
Wanita, 32 tahun.

Salam, dok Anak saya perempuan umur 3 tahun sudah tumbuh gigi baru. Masalahnya gigi susunya belum tanggal. Gigi baru ini tumbuh di belakang gigi seri depan bawah. Bahaya tidak? Karena umurnya baru 3 tahun. Kapan perlu saya bawa ke dokter gigi? Terima kasih

Terimakasih telah bertanya tentang anak usia 3 tahun gigi susu belum tanggal tapi gigi tetap sudah tumbuh melalui fitur Tanya Dokter.

Memang kecepatan pertumbuhan gigi antara anak yang satu dengan anak lainnya belum tentu sama. Ada yang tumbuh lebih cepat tapi ada juga yang lebih lama. Hal tersebut adalah variasi normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, anda mengalami keadaan dimana benih gigi tetap sudah tumbuh, namun gigi susu belum tanggal yang disebut persistensi. Dengan situasi ini dapat dilihat dimana gigi susu akan sulit untuk bisa copot dengan sendirinya, karena gigi tetap sudah tumbuh ke arah posisi yang salah. Kami sarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi pada gigi tersebut. memang baiknya dilakukan pencabutan pada gigi susu tersebut, namun karena masih usia 3 tahun maka harus dilakukan pendekatan dan pemanasan agar anak tidak mendapatkan trauma karena kejadian tersebut. Agar posisi gigi tetap bisa kembali di lengkung yang normal. Anjurkan anak anda untuk membantu menggoyang-goyangkan gigi tersebut sementara waktu agar saat pencabutan tidak akan terlalu sakit.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai anak usia 3 tahun gigi susu belum tanggal tapi gigi tetap sudah tumbuh, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar