Sukses

Mengatasi stress dan depresi

14 Jun 2017, 11:17 WIB
Wanita, 17 tahun.

Selamat pagi, saya mahasiswa baru dan berumur 17 tahun. Sudah sekian lama saya merasa benar-benar berubah dari pribadi saya sebelumnya, dan ini disebabkan oleh masalah pertemanan dan pacar. Saya orang yg notabene akan nurut dengan apa yg orang terdekat saya katakan. Otomatis ketika pacar saya bilang jgn dekat dengan teman, saya turuti, dan itupun karena mereka mengerti. Namun suatu kesalah pahaman terjadi yang membuat saya benar benar sendiri. Pacar ada, tapi dia tidak sepenuhnya menemani aku disaat aku sudah tidak dekat dengan teman2ku. Disana aku mulai merasa berubah. Benar2 menjadi penyendiri, menyedihkan, dan semakin lemah. Ini sudah terjadi selama 1 tahun lebih dan saya terkadang terus menyalahkan diri sendiri, teman-teman, serta pacarku yang membuat aku seperti ini. Insecure, murung, penyendiri. Saya merasa org yang memang bergantung pada siapapun yg dekat dengan saya. Lalu saya selalu tiba-tiba merasa drop, sedih, tidak mood menjalankan hari karena saya ingat peristiwa yang membuat aku seperti ini.. Aku merasa sendiri dan tidak punya teman. Kemudian beberapa menit, saya merasa baikan.. dan setelahnya saya bakalan lupa dengan apa yang saya rasakan namun saya tau.. saat ini saya begitu putus asa.. Pak, Bu, selama satu tahun ini, apakah saya kesepian? Namun setiap ada teman yang seolah ingin menggenggam tangan saya untuk menjadi lebih baik, saya selalu enggan untuk lebih dekat.. ntah kenapa.. Atau saya hanya merasa sedih? Or the worst... apakah saya merasa stres? Apa saya perlu berkunjung ke psikolog? Atau saya bisa tangani sendiri? Terkadang saya memiliki harapan untuk lenyap dari bumi karena saya merasa saya tidak berguna.. Saya nggak mau gini terus.. ingin bahagia.. ingin santai seperti dahulu.. mungkin sekian, sebuah jawaban akan sangat sangat saya apresiasi dan mohon maaf apabila kepanjangan.. hehe..

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar gejala depresi melalui fitur Tanya Dokter

Memang tidak mudah ketika kehilangan seseorang atau terjadi perubahan dalam rutinitas kita. Namun perlu diingat bahwa kesedihan tersebut hanya bersifat sementara. Jangan sampai anda terlarut larut dalam kesedihan, karena hal tersebut hanya akan membawa hal buruk bagi anda. Pekerjaan menjadi tidak produktif, sekolah kacau, pertemanan rusak, tidak bahagia, stress, dan dikhawatirkan dapat membuat anda depresi. Depresi juga dapat membuat tubuh menjadi lebih lemah dan mudah sakit.

Usia anda masih muda dan masih begitu banyak hal di masa depan yang bisa anda raih dan kerjakan. Jadikan ini sebagai batu loncatan bagi anda untuk menjadi pribadi yang baru. Pribadi yang lebih tegar, independent, dan kuat. Mulailah kembali bersosialisasi dengan teman-teman anda, karena dengan begitu anda tidak menjadi kesepian lagi. Buang jauh-jauh perasaan yang mengatakan anda tidak berguna, ingin lenyap, dan sendiri saja. Lakukanlah kegiatan yang positif seperti berolahraga, menolong orang lain, dan aktifitas yang membuat anda menjadi senang.

Apabila hal ini terus berlanjut, ada baiknya anda berkonsultasi dan berbagi cerita dengan dokter spesialis kejiwaan atau psikiater. Bukan berarti anda mengalami gangguan kejiwaan, namun merekalah orang yang tepat untuk membantu anda dan dengan senang hati mendengar cerita anda.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar gejala depresi, Semoga bermanfaat

 

0 Komentar

Belum ada komentar