Sukses

Bolehkah Menyusui Saat Demam?

14 Jun 2017, 08:29 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok sya kan sudah 2 hari demam,tp anak masih menyusu sya, apakah gpp buat anak?? Apakah anak tidak tertular sakit??

Terima kasih telah bertanya tentang ibu menyusui anak saat sedang demam melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Perlu Anda ketahui, jika sang ibu menyusui sedang mengalami demam, tidak ada larangan khusus bagi sang ibu untuk berhenti menyusui anaknya. Pasalnya, kandungan ASI pada ibu yang sedang demam memiliki antibodi yang akan sangat berguna bagi sang bayi sehingga dapat melindungi bayi tersebut dari penularan penyakit. Kalaupun anak Anda terkena infeksi yang sama, antibodi yang terdapat di dalam ASI tersebut akan dapat membantu mempercepat proses penyembuhannya.

Penghentian pemberian ASI justru dapat mengakibatkan efek samping tersendiri, seperti payudara ibu akan penuh, serta meningkatkan risiko terjadinya mastitis dan akhirnya akan memperparah demam yang ibu alami. Mastitis merupakan suatu proses peradangan pada satu atau lebih segmen payudara yang mungkin disertai atau tidak disertai infeksi.

Jika Anda ingin beristirahat saat demam, Anda dapat memberikan ASI perah pada anak Anda. Atau, sesaat setelah Anda menyusui, Anda dapat meminta tolong pada anggota keluarga yang lain untuk membantu menjaga anak Anda sementara waktu.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menyusui anak ketika Anda sedang demam, yakni:

  • Cuci tangan Anda dengan menggunakan sabun dan air hangat mengalir selama 20 detik.
  • Tutup bagian mulut dan hidung dengan menggunakan tisu atau masker saat Anda batuk atau bersin. Hal ini dilakukan untuk melindungi anak tertular virus melalui kontak kulit dan sekresi yang berasal dari mulut ataupun hidung Anda.
  • Buang segera tisu yang Anda gunakan sebagai penutup hidung atau mulut ketika Anda batuk atau bersin ke tempat sampah.
  • Hindari untuk mencium anak saat Anda masih demam.
  • Perbanyak asupan air putih, karena saat sakit Anda akan mudah terkena dehidrasi sehingga produksi ASI pun akan berkurang sementara.
  • Anda diperbolehkan minum obat penurun demam yang memiliki kandungan acetaminophen. Obat ini aman dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai ibu menyusui saat demam. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar