Sukses

Anak Bengong Tanda Kejang?

14 Jun 2017, 10:00 WIB
Wanita, 32 tahun.

Sore dok,dok sya mau tny.sya ibu dri 1 ank.sudah beberapah hari ini ank sya tiba2 bengong.sedang beraktifitas tiba2 diam dan bengong tpi cma sebentar lalu main lagi seperti biasa.ank sya laki2 usia 5 thn 6 bln.makasih dok .

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter mengenai keluhan anak Anda.

Kami khawatir yang terjadi pada anak Anda adalah kejang. Kejang absence sendiri berlangsung singkat (biasanya berlangsung kurang dari 20 detik). Ketika seseorang mengalami kejang absence, maka orang tersebut sering tidak menyadari episode kejang yang baru saja ia alami.

Episode kejang ini seringkali bermula pertama kali pada usia 4-12 tahun. Episode kejang absence sendiri seringkali disalahartikan sebagai ketidakmampuan untuk memfokuskan perhatian dan dapat terjadi 50-100x/hari. Sehingga seringkali sulit untuk mendiagnosis kejang absence tersebut.

Terdapat 2 jenis komponen esensial:

Klinis: gangguan kesadaran (absence)
Elektroensefalografi (EEG) menunjukkan gambaran gelombang spike and slow
Manifestasi klinis kejang absence sendiri bervariasi tergantung individu masing-masing. Gejala dapat berupa gangguan atau kehilangan kesadaran, gangguan atau interupsi aktivitas yang sedang berjalan, pandangan kosong atau nystagmus (rotasi BOLA mata). Jika pasien sedang berbicara, maka seringkali pembicaraan menjadi melambat atau terganggi. Jika sedang makan, makanan akan berhenti dikunyah. Pasien sendiri seringkali menjadi tidak responsif. Serangan kejang ini dapat berlangsung bervariasi antara beberapa detik hingga satu menit.

Kejang sendiri dapat berlangsung beberapa kali sehari atau di beberapa kasus berlangsung hingga ratusan kali sehari.

Kejang absence yang tipikal seringkali dapat dipicu oleh keadaan hiperventilasi pada 90% pasien. Ini merupakan salah satu tes yang digunakan, selain EEG untuk mendiagnosis kejang absence: pasien yang diduga memiliki kejang absence diminta untuk menahan nafas selama 3 menit, sambil menghitung nafasnya. Biasanya pasien akan langsung mengalami episode kejang dan myoclonia kelopak mata (mata berkedut) merupakan gejala klinis yang paling sering dialami.

Untuk itu kami menganjurkan agar Anda memeriksakan diri lebih lanjut dengan dokter spesialis saraf untuk kemudian dilakukan pemeriksaan EEG (dapat dilakukan pemeriksaan EEG 24 jam).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokte

0 Komentar

Belum ada komentar